Pemerintah Tambah Penerima Bantuan Nontunai Hingga 2,6 Juta Orang

Avatar of PortalMadura.Com
Pemerintah Tambah Penerima Bantuan Nontunai Hingga 2,6 Juta Orang
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Pemerintah akan menambah jumlah rumah tangga penerima bantuan pangan non tunai (), menjadi sebanyak 2,6 juta keluarga penerima dalam bentuk bantuan sosial (bansos) beras.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekonomi) Darmin Nasution, Selasa (16/1/2018), mengatakan ada perbedaan antara BPNT dan bansos beras.

Dalam BPNT, kata dia, penerima manfaat mendapatkan uang yang disimpan dalam rekening dan kartu untuk berbelanja barang kebutuhan, terutama beras dan telur. Sedangkan dalam bansos beras, penerima hanya mendapatkan beras.

Bantuan ini, kata Menteri Darmin, akan mulai diberikan pada awal Februari tahun ini. Jumlah penerima bantuan akan bertambah setiap dua bulan. Hingga pada akhir tahun, diperkirakan akan ada sekitar 10 juta penerima bantuan.

“Uangnya ada di Kementerian Sosial,” ujar dia.

Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, penyaluran bantuan ini akan dilaksanakan pada 25 Januari tahun ini lewat Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Dari Bulog akan disalurkan ke seluruh pemerintah daerah,” ujar dia.

“Syaratnya, [evaluasi] BPNT 2017 ini beres dulu. Artinya semua keluarga miskin menerimanya, baik rekening maupun kartunya,” ujar Menteri Darmin.

Pada 2017, pemerintah menyalurkan BNPT pada 1,2 juta penduduk miskin. Evaluasi program bantuan 2017 akan dirapatkan pada 25 Januari, dua minggu setelah itu akan diadakan rapat evaluasi.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.