oleh

Pemerintah Tunda Kenaikan Gaji Perangkat Desa Sampai Tahun Depan

PortalMadura.Com, Jakarta – Pemerintah menunda kenaikan gaji atau Penghasilan Tetap (Siltap) Kepala desa dan perangkat desa hingga 2020 mendatang.

Penaikan gaji Kepala desa dan perangkat desa tersebut rencananya bakal disetarakan dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan IIA.

Deputi II Kantor Staf Presiden Yanuar Nugroho mengatakan kepala desa dan perangkat desa akan mendapatkan gaji sekitar Rp 2,02 juta hingga Rp 3,82 juta.

“Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari hasil kajian Tahun 2018 terkait Dana Desa. Berkat program Dana Desa dari Presiden Joko Widodo, jumlah desa yang tertinggal berkurang 6.518 desa dan jumlah desa yang mandiri bertambah 2.665,” kata Yanuar melalui keterangan persnya pada Rabu.

Kata Yanuar, Instruksi Presiden memerintahkan agar kebijakan itu berlaku efektif pada Tahun 2020 karena anggaran pembayaran Siltap tidak hanya pada APBN namun juga APBD setiap Provinsi dan Kabupaten.

“Sesuai Undang-Undang Otonomi Daerah, perubahan APBD harus melalui berbagai prosedur termasuk pembahasan bersama DPRD. Sehingga implementasi Siltap baru bisa masuk dalam perencanaan APBD 2020,” jelas Yanuar. dilaporkan Anadolu Agency, Rabu (20/2/2019).

Sebelumnya, Presiden pada pertengahan Januari lalu berjanji akan mengabulkan permintaan penaikkan gaji Kepala desa dan perangkat desa.

Presiden saat itu meminta waktu dua minggu untuk mengabulkan permintaan tersebut.

Anadolu Agency
Sumber : Anadolu Agency

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Jangan Lewatkan