Pemilik Kendaraan, Ini 7 Langkah Tepat Memilih Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Cara Tepat Memilih Asuransi Mobil
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Saat ini asuransikian menjadi salah satu bentuk perlindungan dari pemilik untuk mobil kesayangannya. Hal ini dilakukan pemilik kendaraan untuk berjaga-jaga agar kondisi mobil tetap aman walaupun mengalami kecelakaan.

Sebagaimana menurut Chief Executive Officer Adira Insurance, Julian Noor mengatakan, bahwa menggunakan asuransimenjadi salah satu bentuk perlindungan pada kendaraan. Akan tetapi, pengetahuan tentang asuransikendaraan itu sendiri masih perlu diberikan kepada masyarakat.

“Untuk memilih asuransi, hal yang paling utama diperhatikan adalah kemudahan saat mengajukan aplikasi maupun klaim. Agar, masyarakat tidak enggan untuk berasuransijika kemudahan-kemudahan terus dikembangkan oleh perusahaan asuransi,” ujarnya.

Nah, berikut ini tujuh hal yang harus diperhatikan pemilik mobil saat memutuskan untuk mengasuransikan mobilnya menurut Julian:

Sesuaikan Asuransi dengan Kebutuhan
Pada umumnya, asuransimobil memiliki dua jenis, yakni asuransiall risk dan asuransitotal loss only (TLO). Asuransi all risk memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan.

Sementara, asuransiTLO memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan, yang secara langsung disebabkan oleh mobil kebakaran, mobil mengalami kecelakaan seperti mobil tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Baca Juga:  Audio Mobil Tak Keluar Suara, Ini 4 Sebabnya

Perusahaan Asuransi harus Terpercaya
Agar calon pelanggan merasa aman, ada baiknya perusahaan asuransisudah diakui oleh lembaga tertentu. Lembaga yang mengontrol dan mengawasi industri jasa keuangan di Indonesia adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Pelajari Isi Polis dengan Cermat
Polis asuransiyang baik berisi penjelasan secara terperinci hal-hal yang bisa ditanggung. Pelanggan juga harus mendapatkan informasi secara jelas dari perusahaan asuransiyang dipilih. Jangan sampai, saat pelanggan mengajukan klaim ditolak oleh perusahaan asuransikarena alasan tidak ditanggung.

Kemudahan Proses Klaim
Saat pemilik mobil mengajukan klaim, pastikan perusahaan asuransiyang dipilih memberikan banyak kemudahan. Salah satu contoh kemudahan yang bisa dirasakan pelanggan adalah melakukan klaim via aplikasi.

Pilih yang Punya Banyak Jaringan Bengkel
Pastikan perusahaan asuransiyang dipilih memiliki jaringan bengkel luas serta berkualitas. Jaringan bengkel rekanan asuransitersebut bisa memberi kemudahan untuk menentukan bengkel mobil terbaik untuk memperbaiki mobil pelanggan.

Baca Juga:  Audio Mobil Tak Keluar Suara, Ini 4 Sebabnya

Tidak hanya itu, pilih perusahaan asuransiyang memiliki bengkel rekanan yang sudah terstandarisasi. Sehingga, bengkel tersebut sudah dipastikan akan memberikan pelayanan terbaik saat melakukan perbaikan mobil.

Harus Ada Layanan Konsumen 24 Jam
Pastikan asuransiyang dipilih menyediakan layanan konsumen 24 jam. Hal ini memudahkan pelanggan jika mengalami musibah, seperti kecelakaan. Pastikan juga fasilitas yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Jangan hanya Tergiur Harga Premi Murah
Saat ini OJK telah melakukan standarisasi harga premi terhadap perusahaan asuransiyang terdaftar. Jadi, jangan hanya tergiur dengan harga premi murah.

Teliti lebih dahulu, apakah harga premi murah tersebut berpengaruh saat pengajuan klaim. Jangan sampai hal ini akan berpengaruh buruk untuk keuangan. (viva.co.id/Salimah)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.