oleh

Pemilik Mata Sensitif, Lakukan 5 Hal Ini Agar Mata Anda Tak Iritasi Saat Makeup

PortalMadura.Com – Sebagian orang yang mempunyai mata sensitif kemungkinan cukup sering mengalami berbagai macam iritasi saat menggunakan makeup. Jika hal itu yang terjadi maka Anda akan takut menggunakan makeup di area mata.

Padahal akan sangat disayangkan jika daerah mata tidak ditonjolkan dengan aplikasi makeup. Karena biasanya area itu menjadi salah satu kelebihan yang bisa ditampilkan wanita dibagian wajah.

Sebenarnya pemilik mata sensitif tetap bisa menggunakan eye makeup asalkan produk yang digunakan aman selain itu kebersihan alat makeupnya juga harus diperhatikan. Nah, selain dua hal itu masih ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mengaplikasikan makeup untuk mata sensitif.

Berikut panjelasannya:

Selalu Bersihkan Kuas Makeup
Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan oleh pemilik mata sensitif adalah selalu menjaga kebersihan kuas makeup yang digunakan secara rutin.

Jika Anda biasa menggunakan kuas berulang-ulang tanpa dibersihkan terlebih dahulu, sisa makeup yang menempel akan menumpuk bersama debu dan bisa mengakibatkan infeksi jika terus-menerus digunakan. Akan lebih baik jika Anda selalu langsung membersihkan kuas setiap kali menggunakan eye makeup.

Gunakan Cream Eyeshadow
Mata sensitif biasanya sering mengalami iritasi saat menggunakan powder eyeshadow. Hal ini karena powder eyeshadow biasanya memiliki fallout ketika digunakan, yaitu bubuknya yang terjatuh dari kelopak mata. Nah, bubuk-bubuk eyeshadow yang terjatuh ini sangat rentan masuk ke mata dan menyebabkan iritasi.

Hal yang sama juga sering dialami ketika menggunakan eyeshadow shimmer dan glitter. Bagi pemilik mata sensitif, sebaiknya Anda menggunakan cream eyeshadow saja karena formulanya akan menempel di kelopak mata tanpa ada serbuk yang rentan masuk ke mata.

Jangan Melakukan Tightlining
Untuk membuat eye makeup tampak semakin bagus, biasanya dilakukan teknik tightlining atau menggunakan eyeliner di garis dalam mata. Hal ini dilakukan untuk membuat tidak ada jarak antara kulit kelopak mata dengan bulu mata.

Eyeliner nude juga sering diaplikasikan di tightline untuk membuat mata tampak lebih besar. Namun, hal ini kurang baik dilakukan di mata sensitif. Eyeliner yang berada terlalu dekat dengan bola mata bisa tercampur dengan air mata dan masuk ke mata, mengakibatkan mata iritasi. Oleh sebab itu, bagi pemilik mata sensitif tidak perlu memaksakan menggunakan eyeliner di tightline ya.

Rutin Mengganti Produk
Produk makeup yang digunakan di mata biasanya memiliki umur yang lebih pendek. Contohnya, maskara akan kedaluwarsa dalam waktu tiga bulan dan eyeliner biasanya akan kedaluwarsa dalam waktu enam bulan.
Jika Anda memiliki mata sensitif, sebaiknya jangan menunda-nunda untuk mengganti produk makeup Anda yang sudah kedaluwarsa dengan yang baru. Menggunakan produk makeup yang sudah kedaluwarsa di bagian mata akan sangat rentan menyebabkan iritasi.

Bahkan, walaupun produk makeup Anda sebenarnya belum memasuki masa kedaluwarsa, tetapi jika sudah mulai menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal atau panas, sebaiknya segera diganti.

Segera Bersihkan Makeup
Begitu Anda selesai beraktivitas, segera bersihkan makeup yang ada di wajah. Jangan menunda-nunda membersihkan makeup karena capek atau malas.

Semakin lama makeup digunakan, maka semakin besar juga risiko infeksi atau debu dan kotoran yang bisa masuk ke mata. Jangan lupa juga untuk menggunakan makeup remover yang aman digunakan untuk mata sensitif. (vemle.com/Desy)



Komentar