oleh

Pemkab Pamekasan Tak Pernah Raih Penghargaan WTN

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, sampai sekarang tidak pernah mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pamekasan, Ajib Abdullah mengungkapkan, pihaknya berencana menganggarkan Rp 300 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 sebagai upaya meraih penghargaan dimaksud.

Penghargaan WTN diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang mampu menata transportasi dengan baik, termasuk menata fasilitas publik sesuai dengan peruntukannya. Seperti trotoar tidak lagi ditempati Pedagang Kaki Lima (PKL), tempat parkir dan lain sebagainya.

“Sepanjang jalan nasional harus steril dari PKL dan parkir, tentunya hal ini membutuhkan partisipasi masyarakat dan dukungan dari sejumlah pihak,” katanya, Senin (9/11/2020).

Dia menambahkan, pihaknya telah mewanti-wanti kepada para pengusaha yang ada di pinggir jalan untuk mundur agar ada space parkir bagi pengunjung. Kemudian, para pengusaha yang mendirikan tempat usaha di pinggir jalan supaya menyediakan area tempat parkir. Sehingga, parkir kendaraan tidak meluber di pinggir jalan atau trotoar.

“Pengusaha yang baru membangun gedung atau gudang wajib memiliki tempat parkir. Sehingga upaya kami agar Pamekasan bersih bisa tercapai,” tandasnya.

Pihaknya juga mengarahkan kepada para PKL untuk menggelar dagangannya di lokasi yang memang disediakan. Seperti lokasi Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera). Dengan demikian, fasilitas publik akan bermanfaat sesuai peruntukannya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar