Pemkab Sumenep Tak Miliki Data Kongkrit Tanah Kas Desa

Avatar of PortalMadura.Com
Pemkab Sumenep Tak Miliki Data Kongkrit Tanah Kas Desa
Ist. dok. Kantor Pemkab Sumenep

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tidak memiliki data kongkrit terkait . Akibatnya, tanah tersebut bisa menjadi bancaan para kepala desa.

“Kami memang belum memiliki data kongkrit tanah kas desa se-kabupaten Sumenep, termasuk dibagian aset,” kata Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) , Ali Dafir, Senin (3/10/2016).

Menurut Dafir, selama ini sudah sering mencari data kas desa tersebut, bahkan ia sempat datang ke BPMP KB untuk mempertanyakan data kas desa itu, namun tidak ada.

“Sejauh ini memang belum diketahui data kas desa itu ada di mana. Kami belum mengetahui secara komprehensif, padahal data itu sangat penting untuk menginventarisir aset pemkab,” ujarnya.

Hingga sekarang, lanjutnya, dari ratusan desa yang ada di Sumenep, baru sekitar 800 bidang tanah kas desa yang memiliki sertifikat, padahal tanah kas desa itu sangat banyak.

“Kalau tanah kas desa ini tidak ditertibkan, tidak menutup kemungkinan tanah itu bisa dihilangkan,” tegasnya.

Ke depan, katanya, perlu adanya pembuatan sertifikat tanah kas desa secara serentak yang dilakukan oleh masing-masing desa sehingga aset desa itu benar-benar terselamatkan.

“Kalau tanah kas desa itu disertifikat mungkin lebih baik,” tukasnya. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.