oleh

Pemotor, Ini 7 Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang saat ini banyak digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Apalagi di kota-kota besar yang rawan macet, sepeda motor menjadi alternatif pilihan untuk terbebas dari hal itu.

Namun, pengendara sepeda motor sering kali mengalami kesulitan ketika hujan. Karena tidak memiliki atap, maka pengendara roda dua ini harus ekstra hati-hati saat melaju di tengah hujan karena rentan terjadi kecelakaan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (18/11/2019) dari laman liputan6.com yang dilansir dari beberapa sumber.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan pengguna sepeda motor saat berkendara di musim hujan:

Siapkan Jas Hujan

Pastikan jas hujan siap di kendaraan, khususnya jas hujan yang terpisah antara atasan dan bawahan. Jangan gunakan jenis raincoat ponco karena rentan sebabkan kecelakaan.

Motor dalam Kondisi Baik

Pastikan motor dalam kondisi baik. Selalu periksa rem, ban serta tekanan angin. Tidak lupa perhatikan sistem kelistrikan seperti lampu.

Baca Juga: Batuputih Gempar, Video Janda Bugil Menyebar via Medsos

Loading...

Jangan Berhenti Mendadak (Berteduh)

Saat hujan turun, jangan berhenti mendadak atau terburu-buru. Pilihlah area yang aman untuk berteduh dan menggunakan perlengkapan anti hujan. Berhenti secara mendadak berpotensi tertabrak dari belakang oleh pengendara lainnya.

Cari Tempat Aman Berteduh

Saat berteduh atau menggunakan jas hujan usahakan mencari area yang aman. Jangan berteduh di bawah pohon, underpass ataupun billboard, selain dapat terkena musibah tertimpa pohon akibat angin, pemilihan underpass sebagai tempat teduh akan menyebabkan hambatan arus lalu lintas.

Jaga Jarak

Jagalah jarak motor dengan pengguna jalan lainnya. Jangan gunakan lampu hazard karena dapat membuat bingung pengendara di belakang.

Awas Banjir

Di beberapa daerah sering kali mengalami banjir atau genangan saat hujan. Waspada terhadap genangan air yang ada.

Gunakan Helm

Helm merupakan bagian wajib berkendara dalam segala kondisi cuaca. Helm jenis fullface merupakan yang terbaik untuk melindungi kepala dan air hujan. Jika muncul embun, bukalah sedikit kaca helm agar udara masuk. Sebelum digunakan basuhlah kaca helm dengan sampo atau pembersih khusus mengatasi air hujan.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar