Pemula? Ini Cara Mudah & Aman Ganti Oli Sendiri

Avatar of PortalMadura.Com
Pemula? Ini Cara Mudah & Aman Ganti Oli Sendiri
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap kendaraan harus mengganti oli secara rutin dan menjadi ritual wajib yang perlu dilakukan agar kondisi mesin motor tetap dalam keadaan prima. Sebagaimana dalam ketentuan oli mesin diganti setiap 2.500 kilometer.

Sebenarnya, informasi mengenai perawatan motor telah tertulis dengan jelas di buku servis. Akan tetapi masih banyak para pemilik motor yang enggan membaca buku panduan sehingga lalai dalam merawat motornya sendiri. Kondisi ini akan berimbas pada kondisi mesin dan performa motor.

Kebanyakan orang lebih memilih mengganti oli mesin ke dealer atau bengkel dikarenakan perawatan yang lebih aman. Padahal bukan tidak mungkin Anda dapat mencobanya sendiri dirumah dengan baik dan benar. Lantas bagaimana caranya?

Berikut ini cara-cara mengganti oli mesin sepeda motor yang baik dan benar bagi para pemula :

Langkah pertama, ikuti keterangan pada buku petunjuk motor Anda. Umumnya, mesin sepeda motor jenis bebek membutuhkan oli sebanyak 0,8 ml, sedangkan jenis sport sebanyak 1,0 l. Idealnya, pengisian oli tidak boleh melebihi ambang batas. Jadi, pengisian harus berada di antara garis low dan full.

Apabila diabaikan, pastinya potensial menyebabkan kerusakan secara jangka panjang pada beberapa komponen. Kerja pompa oli pun menjadi berat akibat volume pelumas yang melebihi ambang batas. Tentunya, hal ini berimbas pada akselerasi mesin.

Kemudian, diharap berhati-hati ketika mengganti oli dalam kondisi mesin motor panas. Sebaiknya, tunggu beberapa saat hingga mesin menjadi hangat atau lebih dingin.

Sebelum mengisi oli baru, letakkan kendaraan anda pada tempat yang lebih tinggi dan posisinya harus sejajar antara depan dan belakang (tidak boleh miring) dan pastikan seluruh oli lama di dalam mesin telah terkuras. Untuk membuang sisa oli yang masih menempel, Anda dapat menggunakan kompresor. Jika tidak, tunggu saja beberapa saat.

Jika Anda menggunakan kompresor, pastikan alat tersebut telah dilengkapi filter untuk menyaring uap air. Sebab, uap air yang menempel akan menyebabkan korosi pada mesin.

Langkah terakhir, setelah bersih dan terkuras, pasang kembali baut pembuangan oli sebelum menuangkan oli baru. Memanfaatkan corong kecil, pengisian oli baru akan lebih presisi dan tak terbuang percuma. (Liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.