Penderita Anemia, Ini 7 Makanan Sehat yang Cocok Anda Konsumsi

Avatar of PortalMadura.com
Penderita Anemia, Ini 7 Makanan Sehat yang Cocok Anda Konsumsi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anemia merupakan salah satu penyakit kelainan darah yang membuat kondisi tubuh tidak mampu membuat sel darah merah yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke otot dan anggota tubuh lainnya. Umumnya penyakit ini paling sering terjadi pada wanita.

Jika Anda menderita penyakit ini indikasinya yaitu sering kelelahan, sering berkeringat, pembengkakan kaki dan apabila sudah parah adanya darah pada tinja. Untuk itu, mengonsumsi sehari-hari bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah anemia.

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu Anda dalam melawan anemia secara efektif:

Delima
Delima adalah buah yang sangat dianjurkan untuk penderita anemia. Delima kaya akan zat besi, kalsium, serat, dan mineral penting seperti magnesium dan tembaga. Mengonsumsi semangkuk kecil delima atau segelas jus delima secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin untuk pencegahan penyakit anemia.

Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang mudah ditemukan. Bayam dapat membantu memerangi anemia secara efektif. Sayuran ini kaya akan vitamin esensial, zat besi, serat, kalsium, dan beta karoten yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan hasil maksimal. Anda bisa mengonsumsi sayuran ini dengan cara direbus.

Biji-Bijian Utuh
Biji-bijian utuh tidak hanya kaya akan kandungan serat, namun juga mengandung zat besi dan asam folat yang berguna untuk membangun darah dalam tubuh sehingga mencegah penyakit anemia. Mengonsumsi biji-bijian dan makanan yang mengandung vitamin C secara bersamaan dapat membantu menyeimbangkan penyerapan nutrisi yang tepat.

Kacang
Pistachio, kacang almond, dan kenari termasuk kacang terbaik yang mengandung zat besi dalam jumlah banyak. Mengonsumsi segenggam kacang secara teratur bisa membantu tubuh Anda dalam membangun sel darah merah pencegah anemia.

Hati
Jika Anda bukan vegetarian dan menderita anemia, maka hati adalah salah satu sumber makanan kaya zat besi terbaik. Selain zat besi, hati juga mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin B12, fosfor, tembaga, dan seng. Makanlah hati secara teratur untuk mencegah Anda terkena anemia.

Kurma
Kurma berisi jumlah zat besi yang cukup untuk tubuh Anda. Anda bisa menambahkan beberapa potong kurma ke dalam oatmeal dalam sarapan atau konsumsilah dalam bentuk makanan ringan di sela kegiatan makan Anda. Mengonsumsi kurma bisa membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh yang berguna untuk mencegah anemia.

Kismis
Buah kering satu ini banyak mengandung zat besi yang dapat membantu dalam menaikkan kadar hemoglobin tubuh. Mengonsumsinya secara bersamaan dengan oatmeal dalam sarapan Anda bisa menghindari penyakit anemia. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.