Penderita HIV, Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Penderita HIV, Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) harus lebih ekstra memperhatikan masalah kesehatan. Karena virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang terjangkit virus ini biasanya semakin lama merasa lemah. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kekebalan tubuh dengan berbagai cara, salah satunya melakukan diet sehat serta mengonsumsi obat-obatan alami atau .

Lantas tanaman apa saja yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang?. Berikut ini daftarnya:

Lidah Buaya
Anda mungkin sudah sering mendengar nama tanaman herbal yang satu ini. Ya, lidah buaya memang memiliki banyak khasiat. Baik dalam bidang kecantikan maupun kesehatan.

Lidah buaya atau kumari adalah ramuan anti inflamasi dan memiliki efek penyembuhan pada sistem kekebalan tubuh dari orang yang terinfeksi HIV. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, lidah buaya harus dikonsumsi secara teratur.

Bawang Putih
Bawang putih juga merupakan tanaman herbal yang sangat mudah dijumpai, terutama di dapur. Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih disebut immunomodulator yang dikenal sebagai agen anti-inflamasi. Bawang putih memiliki senyawa allicin yang berkhasiat sebagai antimikroba dan antiviral.

Orang-orang yang didiagnosis dengan HIV dapat mengonsumsi seluruh siung bawang putih setiap harinya. Mereka juga bisa menggunakan suplemen bawang putih untuk menambah sistem kekebalan tubuh.

Kunyit
Sama seperti halnya bawang putih, kunyit juga mudah dijumpai di dapur. Kunyit memiliki pigmen kuning yang memiliki antioksidan, anti-inflamasi, anti kanker, dan antimikroba yang disebut curcumin.
Senyawa ini memiliki khasiat untuk menghambat HIV berkembang menjadi AIDS. Anda bisa mengombinasikan kunyit dengan lada untuk hasil yang lebih baik.

Shatavari
Shatavari disebut juga asparagus India. Ini merupakan ramuan ampuh yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki fungsinya dengan merangsang sel kekebalan tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, ramuan ini akan membantu tubuh orang yang terinfeksi HIV untuk menangkal infeksi eksternal.

Gooseberry
Tumbuhan yang satu ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Buah yang bergizi ini baik dikonsumsi untuk memperkuat kekebalan tubuh bagi orang-orang dengan HIV. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.