oleh

Pendistribusian Soal US SD Kepulau Didahulukan

PortalMadura.Com, Sumenep – Pendistribusian soal ujian sekolah (US) tingkat sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidayah (MI), sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pengiriman soal yang menjadi prioritas Disdik itu, adalah wilayah kepulauan. Sebab, perjalanan ke wilayah tersebut sangat rentan cuaca ekstrim, sehingga pengirimannya harus didahulukan.

“Untuk wilayah kepualuan pendistribusian soal US memang kami dahulukan, karena harus menyesuaikan dengan jadwal kapal, serta menghindari cuaca laut ekstrim,” kata A Sadik, kepala Disdik Sumenep, Rabu (13/5/2015).

Waktu pelaksanaan ujian untuk siswa kelas VI itu masih tinggal lima hari lagi, yakni pada Senin (18/5/2015). Tapi terkendala kapal dan cuaca laut, maka pihaknya melakukan pendistribusian soal US lebih awal, agar  terhindar dari cuaca buruk.

Sementara, Kapolres Sumenep AKBP Rendra Radita Dewayana melalui Kasatbinmas AKP Eko Cahyadi menjamin tidak akan ada kebocoran soal. Sebab, pengamanan naskah itu dilakukan selama 24 jam.

Selain itu, Standar Oprasional Prosedur (SOP) pengamanan antara Unas SMA, SMP dan SD tidak ada perbedaan. Untuk wilayah kepulauan, pengambilan naskah soal itu harus didampingi anggota dari polsek masing-masing kecamatan.

“Dengan demikian, maka dipastikan tidak akan ada kebocoran,” pungkasnya.

Peserta US tahun ini, jumlahnya mencapai 17.404 siswa. Dengan rincian, siswa SD 10.806 orang, dan siswa MI sebanyak 6.598 orang.(udin/har)



Komentar