Terlalu Dini Pakai Gadget, Otak Anak Beresiko

Avatar of PortalMadura.com
bahaya gadget smartphone bagi anak
Ilsutrasi Penggunaan Gadged pada Anak Usia Dini

PortalMadura.com– Saat ini penggunaan Gadged telah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat terutama mereka yang berada di daerah perkotaan. Tapi berhati-hatilah, karena penggunaan yang terlalu sering pada dapat mempengaruhi perkembangan otak, psikolog Vera Itabiliana K Hadiwidjojo mengatakan.

“Salah satu dampak negatifnya dapat mempengaruhi perkembangan otak apalagi kalau anak sudah terpapar dengan gadget dari usia dini,” kata dia, kata dia, saat peluncuran Samsung Galaxy Tab 3V di Jakarta, Selasa (12/5).

“Kalau terpapar terlalu berlebihan dan terlalu dini apalagi di bawah dua tahun akan mempengaruhi kerja otak karena dua tahun pertama otak sedang berkembang pesat,” sambung dia.

Tidak hanya perkembangan otak, Vera mengatakan jika terus dibiarkan akan berdampak pada menurunnya fisik. Untuk itu, menurut Vera, diperlukan pembatasan waktu untuk pemakaian gadget.

“Penggunaan gadget harus diatur, ada waktunya harus bermain di luar sana dan ada waktunya tenang bermain dengan gadget-nya,” ujar Vera.

Namun, ketika penggunaan gadget dibatasi, Vera menekankan bahwa orang tua harus memiliki kegiatan alternatif.

“Yang selalu menjadi kendala ketika gadget dihentikan mereka tidak mencari pengganti aktivitas lain, yang harus disediakan adalah alternatif kegiatan dan itu harus di tulis,” kata dia. (Rimanews/fir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.