oleh

Penerima PSKS di Sumenep Capai 115.999 RTS

PortalMadura.com, Sumenep – Penerima program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) yang merupakan program kompensasi dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sebanyak 115.999 rumah tangga sasaran (RTS).

“Pencairannya sudah dimulai sejak tanggal 23 November. Ada dua kecamatan yang sudah selesai yakni kecamatan Kota dan Talango. Untuk hari ini (24/11) kami merealisasikan di 8 kecamatan di daratan,” kata Kepala Kantor POS Sumenep, Suhartono Anton Sujarwo, Senin (24/11/2014).

Pencairan dana kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi untuk bulan November dan Desember 2014, setia penerima PSKS mendapatkan bantuan sebesar Rp400 ribu untuk dua bulan terahir ini, setiap bulan Rp200 ribu per penerima.

“Teknisnya, petuga dari Kantor Pos turun langsung kekantor desa-desa. Para penerima bisa mengambil di kantor Pos, kantor kecamatan dan kantor desa yang menjadi tempat pencairan dana kompensasi itu,” tuturnya.

Untuk data penerima kompensasi itu, pihaknya tetap menggunakan data penerima KPS (kartu perlindungan sosial) dari tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNP2K) tahun 2013. Kendati demikian, untuk dua bulan ini, jumlah penerima berkurang dari data sebelumnya yang mencapai 116.378 RTS.

“Penurunanannya 379. Orang. Penyebabnya mereka tidak layak menerima bantuan kompensasi lagi,” imbuhnya.

Persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya membawa kartu asli KPS (kartu perlindungan sosial), kalau katru KPS itu hilang bisa diganti dangan keterangan hilang dari kepala desa dan diverifikasi oleh tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK). (arif/htn).

Komentar