Pengamanan Malam Lebaran, Polsek Sapudi Libatkan Organisasi Kepemudaan

Avatar of PortalMadura.Com
Pengamanan Malam Lebaran, Polsek Sapudi Libatkan Organisasi Kepemudaan

PortalMadura.Com, Sapudi – Aparat kepolisian dari Polsek pulau Sapudi, Kabupaten , Madura, Jawa Timur melibatkan organisasi kepemudaan dalam pengamanan malam perayaan Idul Fitri 1439 H, Kamis malam (14/6/2018).

“Pengamanan ini, selain melibatkan TNI, juga Banser, Satpol PP, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam), D'pass, dan Anak Remaja Karang Tengah (Arka),” terang Kapolsek Sapudi, Sumenep, Iptu Didit Suhendrianto.

Dia mengatakan, peningkatan pengamanan malam lebaran Idul Fitri 1439 H menjadi atensi. Bahkan, pihaknya mewaspadai tindak kriminal atau hal lainnya seiring dengan meningkatknya aktivitas masyarakat, terutama di sepanjang jalan raya Pancor Gayam.

“Pengalaman tahun sebelumnya. Pengamanan di malam takbiran memang harus ditingkatkan, karena banyak masyarakat yang keluar ke jalan melakukan konvoi,” terangnya.

Menurutnya, pengamanan tidak dapat dilakukan oleh pihak kepolisian melainkan perlu keterlibatan semua pihak dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebiasaan anak-anak muda yang sering melakukan konvoi.

“Melakukan konvoi di jalan sudah menjadi kebiasaan di malam takbiran. Hal ini yang menjadi atensi kami sehingga perlu peningkatan pengamanan agar suasana aman dan tetap kondusif,” katanya.

Danramil 0827/20 Kepulauan Sapudi, Sumenep Kapten ARH Catur Heri Wibowo mengatakan, menjaga kemanan masyarakat sudah menjadi tugasnya. Seperti halnya pengamanan di malam takbiran. “Pengamanan ini untuk menciptakan suasana kondusif dari kegiatan yang meresahkan warga,” jelasnya.

Sementara, pendamping PAC GP Ansor Gayam, Hosnan Abrori mengungkapkan, sebagai organisasi kepemudaan sudah sepatutnya ikut terlibat dalam kegiatan masyarakat.

Misalnya, membantu pengamanan malam takbiran, karena untuk mengantisipasi adanya kericuhan yang terjadi di masyarakat perlu keterlibatan semua pihak.

“Kehadiran Ansor semoga memberi dampak postif terhadap masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan posko lebaran di Pulau Sapudi ada tiga lokasi, yakni depan Polsek Sapudi, depan pasar sapi dan pasar Gayam.

Selama perayaan malam takbiran di Pulau Sapudi berlangsung aman dan terkendali hingga pengamanan berkahir pada pukul 23.59 WIB(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.