oleh

Pengembalian Pusaka Keraton Sumenep Diterima Wabup Fauzi

PortalMadura.Com, Sumenep – Pengembalian dua pusaka Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur, pasca dijamas atau dicuci oleh para empu di Desa Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi, diterima Wakil Bupati setempat, Achmad Fauzi, Senin (9/9/2019).

Pusaka Keraton itu dibawa oleh Camat Saronggi, Ali Dafir, dan jajaran Forpimka serta para empu keris dengan diiring musik tradisional Saronen. Selain pusaka, rombongan juga membawa hasil bumi, diserahkan ke Wabup dan Sekda setempat.

“Kami sangat berterima kasih kepada para empu yang telah menyiapkan semuanya, termasuk penjamasan pusaka Keraton Sumenep,” kata Wabup usai menerima pengembalian pusaka Keraton.

Wabup menyampaikan, sebagai warga Sumenep harus bangga, sebab keberadaan keris ini telah diakui oleh PBB dan di Sumenep paling banyak pengrajin keris yakni 650 orang.

“Keris bukan hanya sebagai entitas masa lalu, tapi juga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat Sumenep,” ucapnya.

Loading...

Lebih lanjut ia menegaskan, dengan keterbatasannya, para pendahulu telah memberikan peninggalan budaya seperti keris, Masjid Jamik dan Keraton. Hal tersebut perlu diapresiasi dan dilestarikan oleh para penerus bangsa.

“Jangan sampai mengorbankan kekayaan tradisi lama karena hadirnya tradisi yang baru ini. Pertahankan tradisi para leluhur kita,” tegasnya.

Baca Juga : Mengenal Desa Pocong, dalam Kepemimpinan Wanita Cantik

Sebelumnya, digelar haul akbar dan jamasan pusaka leluhur Keraton Sumenep dan leluhur Desa Aeng Tong-tong (8/9/2019). Ada sembilan pusaka yang dijamas, dua di antaranya pusaka Keraton Sumenep, sedangkan tujuh pusaka lainnya merupakan milik warga sekitar.


Penulis : Samsul Arifin
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar