Pengganti MicroSD, Samsung Perkenalkan Kartu Memori UFS

Avatar of PortalMadura.Com
Pengganti MicroSD, Samsung Perkenalkan Kartu Memori UFS
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini, eksternal atau memang masih menjadi bagian vital dari sebuah industri smartphone. Beberapa smartphone flagship mungkin tidak begitu membutuhkannya karena memiliki internal storage mumpuni. Namun, mayoritas smartphone menengah ke bawah masih membutuhkannya.

Sayangnya, keberadaan microSD sendiri sepertinya perlahan bakal mulai digantikan oleh (universal flash storage). Pasalnya, baru saja memperkenalkan UFS pertamanya yang sekaligus menjadi UFS pertama di dunia yang tersedia di pasaran.

Sebenarnya, Samsung telah menggunakan memori internal berjenis UFS dalam smartphone mereka, dimulai dari Galaxy S6 dan S6 Edge.

Berikut rincian dan kelebihan mengenai kartu UFS dibandingkan microSD yang perlu Anda ketahui:

Tiga Kali Lebih Kencang
UFS menawarkan kecepatan jauh di atas microSD jenis UHS-I maupun UHS-II sekalipun. Rata-rata kecepatan menulis dan membaca dari sebuah microSD tertinggi saat ini, yakni 90 MB/s dan 156 MB/s. Sedangkan UFS memiliki kecepatan tulis dan baca mencapai 170 MB/s dan 530 MB/s.

Perbedaan kecepatan yang mencapai tiga kali lipat ini bakal berdampak pada performa smartphone. MicroSD selama ini bakal kesulitan dan cukup lama beroperasi ketika digunakan untuk merekam video dengan resolusi di atas 1.080p atau memotret dengan resolusi 16 MP ke atas. Hal ini bakal teratasi dengan adanya UFS.

Baterai Lebih Hemat
Selain menawarkan kecepatan ekstra, kartu memori jenis UFS juga bisa membuat baterai smartphone lebih awet. Perlu diketahui, microSD rata-rata membutuhkan daya sekitar 2,9 Watt ketika beroperasi. Sementara UFS membutuhkan daya setengahnya, tepatnya 1,5 Watt saja.

Jika Anda sering menyimpan musik, foto, video, atau bahkan aplikasi dan game di microSD, maka konsumsi daya otomatis jadi lebih besar yang berdampak pada baterai yang boros. Nah, konsumsi daya dan baterai ini di atas kertas bisa lebih hemat hingga 50 persen ketika menggunakan UFS.

UFS Mulai Dijual Tahun 2017?
Saat ini Samsung memang sudah memperkenalkan UFS miliknya. Ada lebih dari satu kapasitas yang ditawarkan, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Sayangnya, Samsung belum memastikan berapa harganya serta kapan akan memasarkannya.

Namun, yang jelas keberadaan UFS tahun ini belum bisa diadopsi secara cepat. Banyak pengamat memprediksi UFS bakal mulai digunakan paling cepat tahun 2017, itu pun untuk kalangan tertentu saja. Di tahun 2018 lah UFS diprediksi bakal mulai digunakan secara massal dan resmi menggantikan microSD. (droidlime.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.