Pengguna Android, Begini Cara Mudah Ubah Audio Jadi Teks

Avatar of PortalMadura.com
Pengguna Android, Begini Cara Mudah Ubah Audio Jadi Teks
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semakin canggihnya teknologi, saat ini pengguna gadget sudah bisa mengubah pesan audio ke teks secara mudah. Apalagi, di toko aplikasi Google Play Store kini banyak aplikasi yang menyediakan layanan tersebut.

Akan tetapi, sebenarnya bagi pengguna Android tidak harus mengunduh aplikasi itu untuk bisa mengubah audio menjadi teks. Pasalnya, cukup dengan mengandalkan smartphone saja, pesan audio yang Anda gunakan sudah bisa berubah ke teks.

Lantas, bagaimana caranya?. Seperti dilansir Liputan6.com yang mengutip dari laman Makeuseof, berikut ini cara mengubah file audio menjadi teks di Android:

Pertama, pengguna bisa membuka aplikasi apa pun yang biasanya memerlukan pengetikan. Seperti aplikasi memo, aplikasi SMS, dan lainnya. Selanjutnya, ketuk area input teks apa saja untuk memunculkan keyboard di layar. Biasanya, beberapa keyboard tidak mendukung peng-input-an suara. Namun, jika pengguna sudah menggunakan Gboard atau SwiftKey, pengguna akan menemukan mikrofon kecil di dalam keyboard.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ganti Audio Mobil

Setelah itu, ketuk ikon mikrofon untuk beralih dari keyboard ke mode input suara. Di bagian bawah, ketuk dan tahan tombol Hold untuk bicara dan mulai merekam suara. Terakhir, bicaralah sambil mendekat ke mikrofon smartphone, lalu lepaskan ketika sudah selesai. Teks yang dikonversi akan “dikirim” seolah-olah pengguna telah mengetik dan mengetuk tombol Kirim.

Perlu pengguna ketahui, supaya fitur ini bisa bekerja dengan baik, sebaiknya bicaralah dengan jelas. Mesin pengenalan Google memang bagus, tetapi tidak sempurna. Jangan bicara terlalu cepat dan mengucapkan kalimat yang sama berulang kali, karena Google akan mengikuti apa yang pengguna ucapkan di audio. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.