Pengguna Android, Ini 5 Kemampuan Google Assistant yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Pengguna Android, Ini 5 Kemampuan Google Assistant yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain kehadiran Pixel, Google turut memperkenalkan asisten virtual terbarunya yang bernama ‘'. Menariknya, kehadiran asisten virtual ini cukup mencuri perhatian karena memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan pendahulunya, yaitu Google Now.

Raksasa internet itu memastikan bahwa kehadiran Google Assistant untuk pengguna Android selain Pixel. Bahkan, meskipun pada tahap awal tidak seluruh pengguna bisa merasakannya karena terbatas bagi pengguna berbahasa Inggris dan Jerman, bukan berarti asisten virtual ini tidak akan menyambangi negara lain.

Google memastikan bahasa lain akan ditambahkan dalam beberapa tahun ke depan. Lantas, apa saja sebenarnya kemampuan yang dimiliki Google Assistant?

Berikut lima kemampuan Google Assistant yang perlu pengguna Android ketahui:

Bisa Membaca Berita
Fitur yang tidak banyak diketahui tentang asisten virtual ini, sebenarnya dapat membaca berita berdasarkan topik yang disukai pengguna dan preferensi dari penggunanya. Uniknya, topik yang dibacakan benar-benar serupa dengan seseorang yang membaca berita, dan tidak sekadar speech-to-text.

Untuk mengaktifkannya, Anda cukup membuka aplikasi Google, lalu pilih Settings. Setelah itu, buka Google Assistants, pilih Settings dan News. Dalam kolom ini, Anda bisa memilih beragam sumber yang dapat dibacakan isi beritanya.

Dapat Melakukan Beragam Konversi
Tidak ubahnya Google Search, Anda juga bisa menanyakan tentang suatu hal termasuk melakukan konversi di Google Assistant. Cukup mengatakan hal yang ingin Anda ketahui, maka Google Assistant akan memberikan jawaban.

Beberapa pertanyaan yang dijawabnya adalah ‘Berapa kilometerkah, 10 meter itu?' atau ‘Berapa banyak dollar Amerika dari 6.000 Rupiah?.' Tidak hanya itu, pengguna dapat mengetahui perbedaan waktu di antara dua negara cukup dengan mengajukan pertanyaan serupa.

Menerjemahkan Kalimat
Tidak hanya Google Search, asisten virtual ini juga dibekali dengan kemampuan Google Translate. Karenanya, pengguna dapat meminta Google Assistant menerjemahkan sebuah kata atau kalimat sekalipun.

Misalnya, Anda dapat bertanya ‘Apa bahasa Spanyol untuk Halo?'. Nantinya, hasil terjemahan akan ditampilkan di layar bersamaan dengan pengucapan sebenarnya.

Mencari File di Aplikasi
Integrasi Google Assistant pada sejumlah aplikasi Google, membuat asisten virtual ini dapat mencari file di dalam aplikasi itu. Salah satu aplikasi yang dapat memanfaatkan fitur Google Assistant adalah Google Photos.

Seperti, Anda dapat memintanya membuka foto secara spesifik yang disimpan di Google Photos. Anda cukup menyertakan keterangan foto yang dimaksud atau waktu pengambilannya.

Asisten virtual ini juga dapat membacakan SMS dari aplikasi Messenger Google, tapi sayangnya fitur ini belum mendukung aplikasi pihak ketiga.

Memutar Musik dan Video
Anda juga dapat meminta Google Assistant untuk memutar musik dan video dari layanan milik Google, seperti Google Play Music dan YouTube. Perintah yang dilakukan pun cukup sederhana, seperti ‘Mainkan Daft Punk' atau ‘mainkan Daft Punk di YouTube'.

Namun perintah ini belum dapat diberikan untuk aplikasi pihak ketiga. Karenanya, Anda tidak bisa meminta Google Assistant untuk memutar musik dari Spotify atau video dari layanan lain.

Nah, itulah lima kemampuan Google Assistant yang perlu Anda ketahui sebelum fitur ini hadir di lebih banyak pengguna Android. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.