oleh

Pengisian Kekosongan Belasan Pimpinan OPD Pamekasan Masih Teka-teki

PortalMadura.Com, Pamekasan – Belasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) kepala, menyusul banyaknya pejabat yang purna tugas alias pensiun.

Adapun OPD yang sampai sekarang tidak memiliki pimpinan adalah Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Satpol PP.

Kemudian, Badan Keuangan Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Bahkan, dalam waktu dekat pimpinan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana akan purna tugas juga.

“Kekosongan ini tidak bisa dibiarkan, karena pelaksanaan tugas-tugas harus tetap berjalan. Sehingga yang kosong itu diisi Plt,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Totok Hartono, Selasa (14/1/2020).

Loading...

Totok menambahkan, pejabat yang menempati posisi Plt tersebut memiliki eselon yang setara dengan kepala dinas atau satu tingkat di bawahnya. Tentu, untuk menunjuk pejabat yang dianggap mampu mengemban tugas di OPD tertentu membutuhkan rekam jejak dan kinerja yang bagus.

Berdasarkan regulasi terbaru, jabatan Plt paling lama dua kali tiga bulan. Sehingga, beberapa Plt harus diperpanjang surat keputusannya lantaran melebihi jangka tiga bulan pertama. Kemungkinan, masalah jabatan Plt menjadi pimpinan definitif akan rampung pada bulan Maret 2020.

“Jadi kalau (eselon) 3 ke 2 harus seleksi, seleksi atau mutasi itu harus izin ke Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN). Plt itu bisa menjabat sampai dua instansi, aturannya boleh, yang tidak boleh itu kosong,” tandasnya.

Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tentang merger OPD sedang digodok di internal DPRD Pamekasan. Karena, perampingan OPD tersebut berkaitan dengan komposisi pejabat yang akan mengisi kekosongan pimpinan yang sekarang dijabat Plt.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Nurul Hijriyah
Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE