Penguatan Penelitian, LAPAN Bekali Dosen Unija Tentang Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh

Avatar of PortalMadura.com
Penguatan Penelitian, LAPAN Bekali Dosen Unija Tentang Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh
Sosialisasi dan bimbingan teknis tentang penyediaan dan pemanfaatan penginderaan jauh oleh LAPAN (Foto @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Sosialisasi dan bimbingan teknis tentang penyediaan dan pemanfaatan penginderaan jauh dilakukan pihak bagi dosen dan sebagian karyawan , Madura, Jawa Timur.

Kepala Bidang Diseminasi Pusfatja Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Muhammad Priyatna menyampaikan, sosialisasi dan bimbingan teknis ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang dibangun LAPAN bersama Universitas Wiraraja ().

“Penginderaan jauh ini untuk penguatan pendidikan dan penelitian. Hari pertama sosialisasi dan hari kedua bimbingan teknis,” katanya pada PortalMadura.Com, Jumat (20/12/2019) usai mengisi acara tersebut yang berlangsung sejak Kamis kemarin.

Awal kegiatan dari MoU (Memorandum of Understanding) dengan Unija, kata dia, adalah implementasi dukungan data penginderaan jarak jauh. “Sumenep ini menarik, ada sumber daya perikanan, pertanian. Semua potensi ada dan banyak pulau,” ujarnya.

Selama di Unija, pihaknya juga menyampaikan kondisi umum organisasi LAPAN, pengantar penginderaan jauh, ketersediaan data dan fasilitas yang dimiliki LAPAN.

Selain itu, mengenai dasar-dasar penginderaan jauh, cara perolehan data penginderaan jauh dari LAPAN, interpretasi citra, pengolahan data penginderaan jauh kaitannya dengan penguatan di bidang pendidikan dan penelitian.

Penguatan Penelitian, LAPAN Bekali Dosen Unija Tentang Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh
Wakil Rektor 2 Unija Sumenep, Dedy Arfiyanto, SE., MM memberikan cendera mata pada pihak LAPAN, Muhammad Priyatna (Foto @portalmadura.com)

Sementara, Wakil Rektor 3 Unija Sumenep, Nurdody Zakky, SE., M.SM menjelaskan, tindak lanjut MoU dengan LAPAN sangat relevan dengan kegiatan penelitian para dosen dan pengembangan pendidikan di kampus Unija.

“Target kita adalah penyediaan data-data untuk penelitian para dosen,” katanya.

Diharapkan, para dosen Unija dapat memanfaatkan fasilitas data yang dimiliki LAPAN untuk memperkuat aspek kebutuhan data yang berhubungan baik pertanian, kemaritiman maupun hal lainnya.

“Ini dapat memberikan nuansa baru dalam penelitian kita, sehingga tidak monoton. MoU kita dengan LAPAN sangat sesuai dengan kondisi geografi Sumenep,” urainya.

Selain itu, kata dia, jika data-data LAPAN dimanfaatkan dengan baik juga akan mempercepat dan membantu penginderaan jauh karena sudah dapat dilihat dari satelit. “Ini bermanfaat untuk kita dan khususnya Sumenep, dan Madura umumnya,” tandasnya.(*)

Baca Juga :

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.