Penting! Cek 4 Tanda Gejala Haid Anda Bermasalah

Avatar of PortalMadura.com
Penting! Cek 4 Tanda Gejala Haid Anda Bermasalah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pola makan dan pola hidup setiap perempuan berbeda satu sama lain. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab wanita tidak sama. Walaupun demikian, ada beberapa gejala menstruasi yang tetap perlu diwaspadai.

Pasalnya, haid yang Anda alami bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Jadi, apabila Anda merasa ada yang bermasalah dengan haid Anda dan tandanya tidak biasa maka segera periksa.

Berikut ini empat tanda yang perlu diwaspadai karena bisa jadi indikasi ada tubuh Anda mengalami masalah atau gangguan kesehatan:

Sering Mengeluarkan Banyak Gumpalan Darah
Kalau jumlah gumpalan darah yang keluar saat haid sedikit, itu nggak jadi masalah. Tapi kalau gumpalan darah yang keluar banyak dan sering, ini bisa jadi tanda adanya fibroid uterus di dalam rahim.

Volume Darah yang Keluar Sangat Banyak
Kalau volume darah yang keluar saat haid sangat banyak, ini bisa jadi ada polip di dalam rahim. Apalagi kalau disertai sesak napas dan pusing, penting untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya.

Haid Berlangsung Lebih dari 7 Hari
Durasi haid yang berlangsung lebih dari tujuh hari bisa disebabkan oleh banyak hal. Tapi bisa juga ini jadi indikasi Anda mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur dan polip rahim.

Coba cek lagi siklus haid Anda. Kalau siklusnya kurang dari 20 hari, waspada gejala disfungsi ovulasi atau gangguan tiroid. Bisa juga pertanda adanya PCOS atau polip rahim.

Sering Telat Haid
Kalau sedang stres atau melakukan olahraga intens, biasanya siklus haid akan telat. Tapi gangguan tiroid juga bisa menyebabkan telat haid. Kalau Anda sering telat haid, sebaiknya segera cek ke dokter karena bisa jadi ada ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh Anda.

Untuk lebih amannya, bila Anda mengalami tanda-tanda di atas saat haid, segera periksakan diri ke dokter, ya ladies. Semakin cepat ditangani, semakin besar peluang Anda terhindar dari gangguan kesehatan yang lebih serius. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.