Penting! Ini 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Sebanyak-banyaknya Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Penting! Ini 5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Sebanyak-banyaknya Saat Puasa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Makanan yang dikonsumsi saat puasa turut menjadi perhatian. Karena, hal ini bisa menentukan sejauhmana kondisi kesehatan Anda. Oleh karena itu, pola makan yang tepat diperlukan agar tubuh tetap dalam keadaan fit.

Masih banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana pola makan yang benar saat berpuasa agar tubuh tidak kekurangan gizi. Dari ketidaktahuan itu membuat sebagian orang justru kurang memperhatikan pola makannya atau makan sepuasnya. Padahal, tidak semua makanan bisa dikonsumsi dengan banyak.

Sebenarnya, ada beberapa makanan yang memang harus dikonsumsi sebanyak-banyaknya untuk tetap menjaga kesehatan saat puasa. Apa saja itu?. Inilah beberapa daftar makanannya:

Air Putih
Mengonsumsi air putih lebih banyak memang sangat disarankan sebelum dan setelah puasa. Sebab potensi dehidrasi ketika puasa lebih besar, karena tidak ada asupan air pada siang hari. Untuk itu meminum air delapan gelas per hari sangat disarankan. Anda bisa membaginya per gelas antara sahur dan berbuka.

Buah-buahan
Dehidrasi saat puasa juga dapat dikurangi dengan meningkatkan porsi makan buah-buahan dibanding hari biasanya. Beberapa buah berair seperti semangka, melon, jeruk, hingga apel bisa menjadi pilihan yang disediakan di atas meja makan. Buah-buahan juga memberikan nutrisi pada tubuh sehingga bisa puasa lebih nyaman.

Makanan yang Dibuat Sendiri
Banyak orang yang mengandalkan makanan instan saat sahur dan berbuka. Padahal, akan lebih baik jika Anda memperbanyak konsumsi makanan rumahan yang dibuat sendiri. Itu karena keamanan bahan dan higienitasnya bisa terjamin, sesuai selera, plus tanpa bahan pengawet.

Kurma
Salah satu buah favorit saat bulan puasa adalah kurma, karena banyak memberikan tenaga serta menjadi sunah saat berpuasa. Tentunya konsumsi kurma yang baik akan membantu Anda mendapatkan tenaga secara cepat ketika berbuka puasa, dan menjaga kondisi badan tetap bugar ketika sahur menjelang.

Sayuran
Ketika puasa, banyak orang yang memilih mengonsumsi makanan berat seperti daging-dagingan dan roti. Padahal, makanan seperti sayuran juga harus diperhatikan. Selain menjaga pencernaan tetap lancar, sayuran juga baik untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi dan mineral yang cukup, selama Ramadan. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.