Penuh Prestasi, SMANSA Sumenep Gelar Purnawiyata

Avatar of PortalMadura.com
Penuh Prestasi, SMANSA Sumenep Gelar Purnawiyata
Wabup Sumenep, Achmad Fauzi hadir di Purnawiyata Smansa Sumenep (Foto. Nanik)

PortalMadura.Com, – SMAN 1 Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Purnawiyata bagi 368 siswa kelas 12 di Gedung Graha Adi Poday Kolor Sumenep, Sabtu (4/5/2019).

Penuh Prestasi, SMANSA Sumenep Gelar Purnawiyata
Gelar Purnawiyata (Foto. Nanik)

Kepala sekolah SMAN 1 Sumenep, Samsul Arifin, S.Pd, M.Si, dalam sambutannya menjelaskan, kelas dua belas yang tergabung dari 292 siswa IPA dan 76 siswa IPS adalah yang paling banyak meraih prestasi pada tahun ajaran 2018/2019.

Tidak hanya di tingkat daerah atau kabupaten, tetapi juga pada tingkat nasional. “Alhamdulillah sukses dan banyak prestasi yang diraih oleh para siswa tahun ini,” katanya.

Ada enam siswa kelas 12 yang mendapat penghargaan lulusan terbaik tahun ajaran ini. Di antaranya, bagi siswa yang meraih prestasi bidang akademik, olahraga, seni, pengembangan diri dan keorganisasian serta tahfiz Alquran.

Dikatakan, SMAN 1 Sumenep merupakan salah satu SMA terbaik di Indonesia dari 650 SMA yang terpilih oleh Direktorat Pembina SMA, Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan 13.503 SMA.

Menurutnya, purnawiyata ini sebagai pengantar siswa-siswi kelas 12 untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Pada tahun 2019 ini, terdapat 40 siswa yang telah diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SMPTN.

“Dari tahun ke tahun lulusan sekolah kami selalu meloloskan 70 persen ke perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia dan tahun ini mudah-mudahan bertambah,” katanya.

Pihaknya berharap bahwa lulusan SMAN 1 Sumenep harus benar-benar berkompeten dan memiliki kemampuan lebih dibanding dengan sekolah-sekolah lain.

“Karena kita mencetak generasi muda yang berkarakter, berakhlakul karimah dan cerdas serta beretika,” jelasnya.

Di samping itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Prov. Jawa Timur Wilayah Kab. Sumenep, Drs. H, Sugiono Eksantoso, M.M, mengucapkan selamat kepada siswa-siswi SMAN 1 Sumenep yang sudah menyelesaikan rangkaian proses belajar selama tiga tahun yang diakhiri dengan UNBK serta berharap seluruh siswanya lulus 100 persen.

Sementara, Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi, dalam pesannya kepada kelas 12 agar tidak puas diri, sebab lulusan SMA bukanlah keberhasilan yang sesungguhnya tetapi merupakan awal dari menggapai impian.

Karena itu, ia meminta kepada seluruh siswa kelas 12 untuk terus mengasah cita-citanya dan terus belajar, melanjutkan pendidikan setinggi mungkin, melakukannya dengan penuh optimis, selalu menghormati guru sampai kapanpun serta mengamalkan apa yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu, SMAN 1 Sumenep juga menghadirkan salah satu alumni yang sekarang menjadi dosen FISIP di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, DR. Abdul Gafar, untuk memberikan orasi dan motivasi kepada para siswa kelas 12 yang akan meneruskan ke perguruan tinggi.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan pentas seni dari sanggar musik dan hadrah Albanjari SMAN 1 Sumenep.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.