Penyakit Tipus dan Diare Mulai Serang Warga Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Penyakit Tipus dan Diare Mulai Serang Warga Sumenep
dok. Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fatoni

PortalMadura.Com, – Musim hujan tahun 2017 telah tiba, akibatnya sejumlah penyakit mulai mengintai warga Sumenep, Madura, Jawa Timur. Salah satu penyakit yang sudah merebak di masyarakat adalah tipus dan diare.

“Penderita diare dan tipus pada bulan Oktober mencapai 115 orang dan untuk bulan November ini datanya masih belum masuk, karena belum tutup bulan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fatoni, Jumat (24/11/2017).

Menurut Fatoni, merebaknya dua penyakit itu disebabkan terjadinya hujan yang tidak menentu. Turunnya hujan tersebut membuat kualitas air semakin memburuk dan berdampak pada kesehatan masyarakat utamanya yang sering mengonsumsi air tanpa direbus.

“Pola makan masyarakat juga kurang diperhatikan sehingga memicu masuknya bibit penyakit pada saat kondisi tubuh yang kurang stabil,” ucapnya.

Merebaknya penyakit tipus dan diare itu terjadi di sejumlah kecamatan. Tidak ada daerah tertentu yang paling unggul dalam jumlah penderita tipus dan diare ini.

“Penyebaran penyakit tipus dan diare ini terjadi di sejumlah kecamatan daratan dan kepulauan,” ungkapnya.

Ia menyarankan, selain memerhatikan pola makan, warga juga disarankan agar tidak mengonsumsi air dalam kondisi mentah dan mengurangi konsumsi air es.

“Terutama anak kecil yang banyak terkena penyakit diare dan tipus, agar diberi pengertian untuk tidak mengonsumsi air mentah dan es,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.