oleh

Penyebab dan Cara Atasi Kick Starter yang Keras

PortalMadura.Com – Kick starter atau yang biasa disebut tuas engkol dalam menghidupkan kendaraan ini mulai kurang dilirik oleh pemilik kendaraan. Pasalnya, elektrik starter lebih mudah dan praktis daripada kick starter, hanya tinggal pencet langsung nyala.

Tapi walaupun demikian, Anda sebagai pemilik kendaraan tidak lantas membiarkannya atau tidak menggunakannya. Karena, bagi yang tahu tentang perawatan kendaraan biasanya masih menggunakan kick starter atau menyelah pada pagi hari saat menghidupkan mesin pertama kali.

Baca: Jangan Sepelekan, Ini Akibat Jika Anda Jarang Gunakan Tuas Engkol

Selain penggunaan elektrik starter yang tidak selamanya nyaman yaitu adakalanya mandek dan tidak berfungsi dengan baik juga yang tidak luput Anda tahu bahwa kick starter bisa keras saat lama tidak dipakai alias sulit.

Mau tahu apa penyebab dan solusinya?. Baca penjelasan di bawah ini:

Loading...

Penyebab
Kick starter yang sudah mulai berkarat akan sangat susah untuk digunakan, hal ini terjadi karena kick starter jarang digunakan dan tidak pernah dilumasi dengan oli. Akibatnya per stopper pemegang penghubung gir salah dan gir primer mulai berkarat.

Namun selain itu, kerasnya kick starter tidak jarang karena ada beberapa hal, antara lain piston macet, crankshaft atau setang seher macet, serta gigi gear comp kick stater aus.

Solusi
Jika hal itu terjadi, maka untuk mengatasi kick starter keras adalah dengan cara membongkar blok CVT. Bersihkan bagian penghubung gir dengan memakai kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor). Setelah itu, agar semakin lancar dan tidak keras lagi, gunakan gemuk alias grease pada per stopper dan alir gir agar tetap licin.

Perawatan
Perawatan terhadap komponen ini juga harus secara rutin dilakukan setidaknya setiap enam bulan sekali atau setiap 8.000 km dengan melepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakan kick starter ke bawah. (liputan6.com/Putri)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar