Penyebab KM Sabuk Nusantara 91 Kandas di Pulau Sitabok Sapeken

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com, Sumenep – KM Sabuk Nusantara 91 kandas di Pulau Sitabok, Kecamatan Sapeken (kepulauan Kangean), Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sekitar pukul 12.15 WIB, Kamis (5/5/2022)

“Penyebabnya menabrak karang,” terang Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya, dalam keterangan pers, Kamis malam.

KM Sabuk Nusantara 91 tersebut berangkat dari Pelabuhan Sapeken, Sumenep. Rute yang akan dilalui perairan Kengean hendak menuju Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

Namun, perjalanan sekitar 30 menit, Kapal Sabuk Nusantara 91 terlalu melambung sehingga terdengar ledakan keras di lambung kapal. “Ternyata kapal kandas menabrak karang,” katanya menegaskan.

Nahkoda kapal Kapten Kuseno bersama 22 anak buah kapal (ABK) berusaha untuk mundur agar terlepas dari karang Teluk Sapatako, namun usaha itu tidak membuahkan hasil akibat air laut mulai surut.

KM Sabuk Nusantara 91 mengangkut 13 unit sepeda motor dan penumpang sekitar 434 orang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kapolres Sumenep memerintahkan Kapolsek Sapeken Iptu Datun Subagyo berserta anggotanya untuk membantu melakukan evakuasi penumpang dengan menggunakan perahu nelayan.

“Yang mau dievakuasi kembali ke Sapeken sebanyak 384 orang. Sedangkan 50 orang lainnya bertahan di kapal sambil menunggu air laut pasang untuk melanjutkan perjalanan,” terangnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon
Penulis: HartonoEditor: Putri Kuzaifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.