Peran Pendampingan Babinsa Koramil, 6 Warga Batuputih Dapat Operasi Katarak Gratis

Avatar of PortalMadura.Com
Peran Pendampingan Babinsa Koramil, 6 Warga Batuputih Dapat Operasi Katarak Gratis
Ist. Operasi Katarak

PortalMadura.Com, – Enam warga Desa Bula'an, Kecamatan , Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mendapatkan fasilitas di Rumah Sakit Surabaya.

“Awalnya ada delapan warga yang diajukan, namun yang dinyakan positif hanya enam orang. Program ini dipelopori oleh Kodam V/ Brawijaya,” terang Danramil 0827/15  Batuputih, Sumenep, Lettu Arh Catur Heriwibowo, pada PortalMadura.Com, Selasa (22/11/2016).

Warga yang mendapatkan layanan gratis itu, melalui tiga tahap. Pertama, pasien dilakukan pemeriksaan awal-screening (21/11), baru kemudian dinyatakan positif (22/11). “Lalu, dilakukan operasi oleh tenaga ahli dari Korea yang dijadwalkan 23 November,” katanya.

Selama proses tersebut, Babinsa , Moh Soleh siap bertanggung jawab sepenuhnya untuk pendampingan pasien, baik sebelum atau selama maupun sesudah operasi. “Hal ini merupakan salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, operasi gratis tersebut, bukan sekali ini, namun sudah yang kedua kalinya. Yang pertama, operasi pasien katarak dari warga Batuputih berhasil dan sekarang bisa melihat. Misalnya, salah satu pasien katarak, Musafak. Ia selama 7 tahun tidak bisa melihat, namun berkat bantuan operasi katarak sudah bisa melihat kembali.

“Kegiatan itu, Alhamdulillah mendapat dukungan, dorongan serta motivasi dari berbagai pihak. Baik Forpimka maupun aparat desa,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.