Percepat Penyerapan Dana Desa, Pemerintah Optimalkan Peran Camat

Avatar of PortalMadura.Com
Percepat Penyerapan Dana Desa, Pemerintah Optimalkan Peran Camat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kementerian Dalam Negeri mengoptimalkan peran , khususnya 187 camat di wilayah perbatasan dalam mempercepat penyerapan .

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku sudah memerintahkan pengiriman telegram kepada para camat. Ia meminta agar camat memprioritaskan pembangunan lebih dari 6.000 desa yang belum mempunyai kantor yang memadai.

“Tahap pertama khusus desa di wilayah perbatasan serta gapura atau batas perbatasan segera diperbaiki. Akhir tahun harus selesai bersamaan dengan kementrian lain yang sudah berjalan pembangunan program perbatasannya,” kata Tjahjo melalui pesan singkat kepada wartawan, dilansir kompas.com, Sabtu (26/9/2015).

Radiogram dengan pesan senada juga dikirimkan kepada para bupati dan wali kota se-Indonesia. Mendagri meminta agar penyaluran dana desa disederhanakan.

“Tidak perlu bertahap, juklak (petunjuk pelaksanaan), juknis (petunjuk teknis) kepala daerah dibuat simple,” kata Tjahjo.

Di samping itu, ia meminta pihak kabupaten untuk melaksanakan monitoring percepatan pencairan dana di desa dan pelaksanaan program-programanya.

Menurut Tjahjo, salah satu penyebab lambatnya pencairan dana desa karena pemerintah desa belum menyiapkan program pembangunan.

Kemendagri telah meminta bupati dan wali kota untuk memberikan pendampingan bagi desa dalam menyusun program.

Tjahjo juga mengaku telah memerintahkan Direktur Jenderal Desa untuk menugaskan pejabat eselon II dan III untuk turun ke tingkat provinsi.

Pejabat tersebut kemudian akan berkoordinasi dengan perangkat provinsi serta pejabat desa di pemerintah kabupaten kota.(Kompas.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.