oleh

Perhatikan 3 Hal Ini Jika Ingin Tubuh Anda Langsing

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu yang mengalami berat badan setelah bulan puasa? Pada dasarnya puasa bermanfaat agar tubuh semakin sehat. Namun godaan makanan saat berbuka puasa terkadang membuat seseorang hilang kontrol, terlebih untuk makanan atau minuman manis. Maka tak jarang beberapa orang malah mengalami berat badan bertambah usai bulan puasa.

Nah karena bulan puasa telah usai, saatnya untuk mengembalikan berat badan Anda seperti semula bahkan untuk lebih ideal. Memang, tak dapat dipungkiri menurunkan berat badan memerlukan proses. Terkadang, apa yang dilakukan bisa saja sia-sia jika memulainya dengan cara yang salah.

Banyak orang percaya, berhenti atau mengurangi konsumsi makanan tertentu adalah cara terbaik untuk mendapatkan tubuh ideal.

Namun perlu Anda ketahui, hal semacam inilah yang sering membuat orang keliru mengambil langkah untuk menurunkan berat badannya dengan cara yang aman dan menyehatkan.

Ada tiga hal penting yang perlu kita lakukan saat akan memulai program penurunan berat badan. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut.

Baca Juga : Ingin Langsing? Ini 6 Kesalahan Saat Makan Siang yang Perlu Dihindari

Pastikan Anda Mengonsumsi Protein
Protein adalah makronutrien, blok bangunan tubuh manusia yang kita butuhkan jika ingin menurunkan berat badan.

Tentunya, kita harus mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Makanan kaya protein sangat membantu menurunkan berat badan karena membuat kita merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

Terlebih lagi, protein juga dapat meningkatkan massa otot. Tapi, jangan berlebihan mengonsumsinya ya.

Cara yang tepat untuk makan protein demi menurunkan berat badan adalah dengan memakannya bersama dengan nutrisi lain saat waktu makan.

Jadi, pastikan protein selalu ada di setiap jam makan jika kita mencoba menurunkan berat badan.

Loading...

Tubuh Setiap Orang Bervariasi
Setiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda. Diet tertentu mungkin memiliki hasil positif untuk orang lain, namun berdampak sebaliknya untuk diri sendiri.

Demikian pula, kecepatan dan efisiensi dalam menurunkan berat badan tergantung pada tipe tubuh Anda.

Tubuh manusia terdiri dari tiga tipe, yaitu ectomorph, mesomorph dan endomorph. Jenis latihan dan diet untuk masing-masing tipe tubuh ini akan berbeda.

Jadi sebelum melanjutkan program penurunan berat badan, cari tahu tipe tubuh Anda dan berkonsultasilah dengan ahli tentang diet dan olahraga yang paling cocok untuk Anda.

Dapatkan Kalori dari Sumber yang Tepat
Mempraktikan diet rendah kalori atau membuat diri kelaparan tidak akan berdampak positif untuk tubuh. Ini hanya membuat Anda merasa lelah, mudah marah dan rendah energi.

Penting untuk memahami dan menerima penurunan berat badan adalah proses bertahap dan pada akhirnya akan berlangsung selama periode waktu tertentu.

Menurunkan berat badan bukan proses instan. Anda harus tetap mengonsumsi makanan yang baik dan sehat untuk beraktivitas, meningkatkan kinerja serta secara fisik dan mental cocok untuk rutinitas sehari-hari.

Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi kalori yang tepat jika ingin menurunkan berat badan.

Jangan mengonsumsi makanan yang tidak mengandung nutrisi sehat seperti gula putih, junk food, dan makanan olahan.

Hindari makanan tersebut, meski di bagian kemasaanya tertulis tidak mengandung lemak trans, kalori kosong, dan tanpa gula.

Hindari makanan tersebut, meski di bagian kemasaanya tertulis tidak mengandung lemak trans, kalori kosong, dan tanpa gula.

Berhentilah mengonsumsi alkohol dan merokok. Sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang dimasak sendiri, makanan alami dan musiman.

Selain itu, kontrol porsi kanan kita demi mendapatkan tubuh ideal tanpa harus menyebabkan efek negatif bagi tubuh.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Nanik Dwi Jayanti
Sumber : kompas.com

Komentar