oleh

Perhatikan 4 Hal saat Diet Rendah Karbohidrat yang Bikin Langsing

PortalMadura.Com – Selain diet keto, diet rendah karbohidrat yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan. Meskipun diet ini sempat ditentang dan jadi kontroversi, belakangan diet rendah karbohidrat populer lagi.

Seperti dilansir viva.co.id yang dikutip laman Times of India, bagi yang belum tahu, diet rendah karbohidrat itu dilakukan dengan cara membatasi asupan karbohidrat antara 60 hingga 130 gram per hari.

Karbohidrat adalah jenis makronutrien penghasil kalori yang ditemukan di banyak makanan dan minuman. Demi memangkas karbohidrat, mereka yang diet rendah karbohidrat mencoba memasukkan lebih banyak protein dan lemak ke dalam makanan mereka.

Namun, karena harus memblokir semua makanan yang mengandung karbohidrat tinggi termasuk dari diet seperti biji-bijian utuh, biji-bijian olahan, makanan panggang dan beberapa buah dan sayuran bertepung, Anda harus konsisten mendidik diri sendiri secara menyeluruh tentang diet ini sebelum melanjutkan lebih jauh.

Cara ini dilakukan dengan tujuan agar tubuh membakar lemak yang disimpan, bukan karbohidrat yang akan membantu dalam mempromosikan penurunan berat badan. Nah, agar tidak salah menjalani diet ini Anda harus tahu, pakem-pakem yang perlu diingat ketika menjalani diet rendah karbohidrat.

Apa Sebenarnya Makanan Rendah Karbohidrat Itu?
Jika Anda seorang vegetarian dan memilih untuk mengikuti diet rendah karbohidrat, sangat penting untuk mengenali sumber protein vegetarian. Anda bisa memasukkan kembang kol, brokoli, susu murni dan yogurt, kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam makanan Anda.

Loading...

Akan tetapi, jika Anda bukan vegetarian, Anda dapat memasukkan berbagai daging tanpa lemak seperti dada ayam, telur, dan ikan.

Perencanaan yang Tepat
Sama seperti diet lainnya, perlu merencanakan makanan terlebih dahulu untuk bisa melewati minggu ini. Ini tidak hanya akan membantu menghindari karbohidrat sebanyak mungkin, tetapi juga memastikan bahwa Anda tidak kehilangan nutrisi penting sambil tetap berpegang pada diet.

Beli Camilan Rendah Karbohidrat
Pastikan untuk membawa camilan rendah karbohidrat seperti kacang tanpa garam, biji-bijian dan telur rebus untuk mengalahkan keinginan makan malam itu. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak menikmati ngemil yang tidak sehat dan menyesal belakangan.

Baca Juga: Gagal Raih Poin di Kandang Persik, Madura FC Calon Degradasi

Hindari Olahraga Berlebihan
Meskipun olahraga ringan diperlukan untuk tetap sehat, penting agar Anda tidak berlebihan berolahraga saat diet rendah karbohidrat. Ini karena olahraga akan membuat Anda membutuhkan karbohidrat ekstra untuk membangkitkan stamina dan kekuatan ekstra dalam melakukan latihan seperti berlari, berenang.

Yang perlu digaris bawahi, tidak masalah diet apa yang Anda ikuti untuk menurunkan berat badan. Tapi sangat penting untuk makan-makanan yang tepat dan tidak menikmati makanan yang sangat tinggi lemak.

Selain itu, Anda harus berkonsultasi dengan praktisi medis terlatih untuk memahami apakah diet rendah karbohidrat ideal untuk tubuh Anda atau tidak.


Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : viva.co.id

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar