oleh

Perhatikan 6 Hal Ini Agar Mobil Matik Hemat Bahan Bakar

PortalMadura.Com – Saat ini banyak orang yang lebih memilih mengendarai mobil bertransmisi matik dibandingkan yang manual. Salah satu alasannya karena lebih praktis. Akan tetapi, mobil jenis ini punya konsumsi bakar yang tidak sebaik transmisi manual, melansir dari Liputan6.com, Rabu (11/12/2019).

Tidak dapat dipungkiri, bahwa anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, sebab mobil matik terdapat komponen Torque Converter yang mengubah torsi menjadi tenaga untuk disalurkan ke roda. Sehingga mobil bisa bergerak.

Sementara transmisi otomatis akan mulai beroperasi ketika RPM lebih tinggi daripada transmisi manual. Sehingga butuh bahan bakar lebih banyak untuk membuat mobil bergerak. Maka dari itu, bila ingin membuat mobil matik lebih hemat bensin, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Apa saja?.

Berikut enam cara membuat mobil matik hemat bahan bakar, seperti dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com:

Kelebihan Muatan

Jika menggunakan mobil matik, disarankan tidak membawa muatan lebih, baik penumpang maupun barang. Sebab, jika melebihi kapasitas akan membuat mesin bekerja lebih ekstra. Meminimalisir muatan yang berlebih akan sangat baik dilakukan untuk membuat mesin tidak mengeluarkan tenaga lebih dan tidak membakar bensin lebih banyak.

Saat di Tanjakan

Jangan menginjak gas secara berlebih ketika ada di tanjakan maupun ketika menyalip kendaraan lain. Cara ini merupakan kunci utama. Dengan menginjak gas secara konstan, bisa membuat konsumsi bahan bakar normal pada mobil matik.

Baca Juga: Ingin Mobil Matik Tetap Prima Saat Dikendarai? Jangan Lakukan 5 Hal ini

Pakai AC Seperlunya

Perhatikan pula pemakaian AC mobil. Pendingin ruangan itu bisa memberikan pengaruh pada bahan bakar mobil. Upayakan untuk memakai seperlunya dan atur suhu seminimal mungkin.

Jangan Agresif

Kontrol emosi saat berkendara. Jangan menyetir mobil secara agresif. Coba terapkan eco driving, sehingga bisa mengirit biaya untuk bahan bakar. Tidak hanya itu saja, pengendara juga akan terbebas dari risiko kecelakaan.

Idling

Hindari penggunaan idling terlalu lama. Ketika ada di posisi netral atau diam dan mesin dalam keadaah menyala, maka mesin tetap akan bekerja dan membutuhkan bahan bakar.

Putaran Mesin

Umumnya, konsumsi bahan bakar pada mobil matik yang efektif dan juga tenaga yang dihasilkan berada pada putaran sekitar 2.500 hingga 3.000 RPM. Karena itu, penting untuk memerhatikan putaran mesin atau RPM.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE