oleh

Perlukah Laki-laki Cukur Rambut Ketiaknya?

PortalMadura.Com – Kebanyakan kaum pria lebih memilih untuk membiarkan bulu ketiaknya tumbuh lebat, berbeda dengan wanita yang biasanya cukup sering membersihkan area tersebut lantaran alasan kecantikan.

Sebab, sebagian dari mereka menganggap bahwa mencukur bulu ketiak bukan suatu keharusan. Justru dengan begitu seorang laki-laki terlihat lebih jantan. Lantas, benarkah itu?. Haruskah pria mencukur rambut ketiaknya?.

Untuk menjawab pertanyaan itu, yuk simak uraian di bawah ini:

Membahas masalah rambut di ketiak memang dilematis dan kadang muncul perdebatan yang tidak akan pernah usai. Ada sebagian pengguna berpendapat bahwa pria tidak perlu mencukur rambut di ketiaknya.

Menurut mereka, semua orang membutuhkan rambut di ketiak. Kita hanya perlu merawat ketiak dengan memakai deodoran dan mencucinya secara teratur.

“Saya pikir sebagian besar orang tidak terlalu peduli tentang rambut ketiak dibandingkan dengan hal penting lainnya,” tulis salah satu pengguna Reddit.

Namun, beberapa pengguna Reddit lainnya justru setuju jika pria harus mencukur rambut ketiak. Akun Bananafoofoofwee, misalnya, ia mengatakan mencukur rambut ketiak merupakan hal penting.

“Saya mencukurnya. Kalau tidak, keringat akan menumpuk,” tulisnya.

Beberapa orang memang memilih mencukur rambut ketiak demi keindahan dan kesan bersih. Bahkan, banyak orang berpendapat jika keringat atau bau badan berlebih bisa disebabkan karena rambut di ketiak. Di sisi lain, rambut di ketiak memiliki manfaat positif.

Beberapa teori mengtatakan rambut ketiak bisa mengurangi keringat dan gesekan. Bahkan, rambut ketiak juga dianggap sebagai simbol kuno daya tarik ‘seksual’. Lalu, bagaimana pendapat pakar mengenai fenomena ini? .

Mencukur rambut ketiak, terutama saat pertama kali melakukannya, pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Menurut Mona Gohara, profesor klinis dermatologi di Yale University, AS, mencukur rambut ketiak bisa berisiko iritasi, folikulitis, ruam dan peradangan.

Bahkan, mencukur rambut ketiak bisa mengakibatkan infeksi dari pisau cukur yang kotor. “Kebersihan adalah hal utama, entah kita memutuskan untuk mencukur rambut ketiak atau membiarkannya tumbuh,” paparnya.

Namun, jika Anda ingin mencukurnya atau melakukan wax, penting untuk menggunakan metode dan alat yang tepat pada area kulit sensitif ini. Pastikan semuanya bersih dan terpenting, gunakan alat yang lembut.

Hal lain yang harus jadi pertimbangan, Anda mencukur rambut ketiak karena Anda menginginkannya, bukan karena orang lain. Jadi, entah Anda mencukurnya atau tidak, hal terpenting adalah tetap menjaga kebersihan. (kompas.com/Putri)



Komentar