Perpanjangan Landas Pacu Bandara Trunojoyo Hampir Tuntas

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Pekerjaan perpanjangan dan pelebaran landasan pacu dan pembuatan apron di Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah hampir tuntas.

“Perpanjangan dan pelebaran runway (landas pacu, red) saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen, sementara untuk pekerjaan apronnya sudah mencapai 80 persen,” terang Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Jumat (15/7/2016).

Ia menyampaikan, sampai saat ini masih terus dikerjakan. Beberapa waktu yang lalu sempat berhenti pekerjaannya lantaran para pekerja diliburkan karena mendekati Hari Raya Idul Fitri.

“Saat ini para pekerja sudah mulai datang lagi untuk melanjutkan pekerjaannya,” bebernya.

Ia optimis, pekerjaan penambahan fasilitas tersebut akan selesai tepat waktu. “Kami yakin pekerjaan akan selesai tepat waktu, karena masih ada waktu beberapa bulan lagi,” ucapnya.

Sesuai target, pekerjaan penambahan fasilitas bandara itu harus selesai pada bulan November 2016. “Kemungkinan bisa selesai sebelum bulan November,” imbuhnya.

Saat ini, panjang runway Sumenep hanya 1.130 meter dan lebar 23 meter. Dalam pelaksanaan proyek penambahan fasilitas tahun ini, diperpanjang menjadi 1.600 meter dan lebarnya menjadi 30 meter.

Dana  yang digunakan itu bersumber dari Kementerian Perhubungan sebesar Rp33,7 miliar. Dana tersebut untuk penggunaan, antara lain  pekerjaan perpanjangan dan pelebaran runway sebesar Rp25, 9 miliar, serta untuk pembuatan apron sebesar Rp7,8 miliar.

Upaya perpanjangan landasan pacu itu agar bandara tersebut bisa dimanfaatkan pesawat berkapasitas 72 penumpang. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.