Peternak Sapi di Pamekasan Belum Bisa Terapkan Pemeliharaan Modern

Avatar of PortalMadura.Com
Peternak Sapi di Pamekasan Belum Bisa Terapkan Pemeliharaan Modern
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Peternak di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sampai sekarang tetap memelihara sapinya secara tradisional. Yakni melakukan pengembangbiakan dengan cara dikandangkan.

Kepala Dinas Peternakan (Disdik) Pamekasan, Bambang Prayogi mengatakan, pihaknya kesulitan untuk menerapkan pemeliharaan sapi secara modern. Karena pemeliharaan sapi secara modern tersebut mengembangbiakkannya dengan cara digembala.

“Diantara negara yang memelihara sapi secara modern ini adalah Australia. Sebenarnya ini sangat inovatif, tapi sulit untuk diterapkan di Madura. Utamanya Pamekasan,” ungkapnya, Selasa (23/8/2016).

Dikatakan, sistem peternakan sapi seperti ini tidak sepenuhnya bergantung pada kondisi alam. Bahkan pakan bisa disediakan dengan cara pengolahan, sehingga yang menjadi pakan sapi setiap hari tidak harus menunggu rumput di lahan.

“Kami masih belajar kepada beberapa daerah lain tata cara memelihara sapi secara modern untuk dikenalkan kepada masyarakat atau peternak nanti,” pungkasnya. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.