oleh

Pilgub Jatim, “Penghitungan Suara Ricuh”

PortalMadura.Com, Sumenep – Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar simulasi pengamanan Pilgub Jawa Timur di depan Masjid Jamik setempat, Senin (12/2/2018).

Pada simulasi pengamanan Pilgub yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 itu terjadi bentrok antara petugas keamanan dan pendukung salah satu paslon. Sebab, paslon tertentu menduga panitia pelaksana Pilgub curang, akibatnya suaranya hilang dan kalah dalam penghitungan surat suara di tingkat kabupaten.

Massa mengepung kantor KPU dengan maksud meminta pemungutan suara ulang karena hasil pemungutan suara sebelumnya berlangsung curang. Namun, komisioner KPU tidak bisa mengabulkan tuntutannya, akibatnya massa memaksa masuk ke kantor KPU dan akhirnya bentrok dengan aparat keamanan yang berjaga-jaga di kantor KPU. Massa dapat dibubarkan setelah dua orang yang diduga sebagai provokator diamankan oleh pihak kepolisian.

“Simulasi ini dalam rangka melatih kesigapan anggota untuk menghadapi tahapan-tahapan Pilgub Jatim. Sebab, sebentar lagi akan masuk pada tahapan kampanye paslon,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnain.

Menurutnya, anggota Polres sudah siap menghadapi tahapan Pilgub, termasuk pada tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara nanti. Namun, agar lebih maksimal dalam melakukan pengamanan, Polres perlu menggelar simulasi pengamanan kota.

“Kalau terjadi gesekan atau konflik di masyarakat yang berkenaan dengan tahapan Pilgub, anggota sudah siap dan sigap dalam menanganinya,” ucapnya.

Hingga saat ini, lanjut Kapolres, pihaknya telah memetakan daerah-daerah yang rawan terjadi konflik akibat Pilkada. Namun, tingkat kerawanan itu dinilai masih taraf wajar dan tidak terlalu mengkhawatirkan.

“Kalau konflik pasti ada, cuma bagaimana kita lebih meminimalisir sehingga tidak terjadi melebar kemana-mana. Jadi, perlu penanganan khusus agar tidak terjadi melebarnya konflik,” imbuhnya.

Sementara itu, pada simulasi pengamanan tahapan Pilgub Jatim ini, selain jajaran Polri, juga dihadiri oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim, Ketua DPRD, Herman Dali Kusuma, Komisioner KPU, Abd Hadi, Dandim 0827 Sumenep. (Arifin/Putri)

Loading...