Pilkades Serentak, Tiga Kecamatan di Daratan Masok Zona Rawan

Avatar of PortalMadura.Com
AKBP Marjoko
dok. AKBP Marjoko

PortalMadura.Com, – Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur telah memetakan zona rawan dilihat dari kriteria kamtibmas enam bulan terakhir. Tiga kecamatan ini di antaranya, Kecamatan Ambunten, Pasongsongan dan Pragaan.

“Tiga kecamatan di daratan ini masuk kategori rawan. Makanya kami sangat mengantisipasi gerakan masyarakat yang bisa menimbulkan terjadinya konflik horisontal,” ungkap Kapolres Sumenep, AKBP Marjoko, Selasa (18/11/2014).

Menurut Marjoko, kriteria daerah rawan itu berdasarkan lokasi yang jauh, peta kamtibmas 6 bulan terakhir dan jumlah pemilih yang sangat banyak.

“Tiga kecamatan itu lokasinya jauh. Untuk Pragaan sudah menjadi atensi kami sebelumnya. Sedangkan di Pasongsongan ada yang lokasi pilkadesnya yang jauh,” ujarnya.

Ada tiga kriteria kondisi yakni aman, rawan dan sangat rawan. Bagi desa yang kondisinya aman akan diterjumkan 10-15 personel keamanan, daerah rawan 2 akan diterjunkan 15-20 personel dan sangat rawan akan diterjunkan 20-30 personel.

“Untuk tiga kecamatan itu, kami anggap sangat rawan dan akan diterjunkan keamanan jumlah maksimal yakni 30 personel,” urainya.

Pilkades serentak untuk wilayah kepulauan dijadwalkan tanggal 1 Desember 2014, sedangkan untuk wilayah daratan dijadwalkan tanggal 20 dan 26 November di 88 desa. (arif/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.