oleh

Pisah Kenang Kelas VI SDN Pangarangan 1 Sumenep Penuh Kemeriahan

PortalMadura.Com, Sumenep – SDN Pangarangan 1 Sumenep menggelar pisah kenang untuk kelas VI dengan penuh kemeriahan dan haru di gedung Graha Al-Ikhlas Kantor Kementerian Agama Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (23/6/2019).

Kemeriahan kegiatan ini tampak dengan beragamnya pentas seni yang ditampilkan para siswa SDN Pangarangan 1. Di antaranya tari Muang Sangkal yang merupakan tarian khas Sumenep, Tari Duh Angin, Tari Sajojo dari daerah Papua, dan hadrah.

Selain itu, penampilan nyanyi dari siswa dan pada kesempatan ini mereka memberikan bunga kepada para dewan guru, nyanyi solo bahasa Madura serta nyanyi solo selawat sambil bermain piano, grub vokal yang nyanyi dengan menggunakan ukulele.

Mereka juga menampilkan puisi dengan empat bahasa yakni bahasa Indonesia, Inggris, Arab, dan Madura. Dan yang paling ditunggu pada rangkaian acara ini, fashion show dari siswi kelas IV dan V.

Penampilan Tari Sajojo (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

Kepala Sekolah SDN Pangarangan 1 Sumenep, Slamet Santoso, S.Pd, MM mengatakan, pisah kenang ini merupakan kegiatan rutin tahunan bagi kelas enam, namun kali ini momennya dirasa tepat karena dilaksanakan setelah kelulusan kelas enam.

Pihaknya berpesan kepada 76 siswa-siswi kelas VI yang baru saja dinyatakan lulus seratus persen agar selalu membawa nama baik sekolah dan terus meningkatkan prestasi di jenjang yang lebih tinggi.

“Jaga nama baik sekolah, jaga nama baik orang tua kalian, berperilaku yang baik sesuai visi sekolah dengan akhlakul karimah. Tunjukkan bahwa SDN Pangarangan 1 tidak hanya unggul di bidang akademik maupun non akademik, tetapi di akhlak pun juga unggul. Itu yang bisa kalian beri nanti kepada sekolah,” katanya.

Dikatakan, dinamika perkembangan SDN Pangarangan 1 selama ini cukup bagus. Terbukti dengan berbagai julukan yang pernah melekat di antaranya SD Adiwiyata, SD Rujukan Mutu Kabupaten.

Pihaknya menyebutkan, SDN Pangarangan 1 akan melaksanakan pembelajaran berbasis IT atau digital school bagi kelas VI untuk tahun ajaran 2019/2020. Mereka akan melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan IT yang berupa android maupun laptop.

Pada program tersebut masing-masing siswa akan disuguhi berbagai fitur yang telah disiapkan untuk pembelajaran. Di tahun ajaran yang sama pihaknya juga akan melaksanakan penguatan pembelajaran dan pemberdayaan zonasi.

“Semua itu tidak akan maju tanpa ada dukungan dari bapak ibu wali murid maupun dewan guru dan masyarakat serta komite sekolah. Semoga program yang dari dinas pendidikan ini bisa berhasil di SD Pangarangan 1,” terangnya.

Loading...

Sebelum itu, pihaknya mempersilakan bagi para siswa yang ingin melanjutkan ke SMP maupun MTs manapun, namun pihaknya berharap agar mereka sekolah di lingkup Kabupaten Sumenep. Meski ada beberapa anak yang ingin melanjutkan sekolah di daerah Mojokerto, Pamekasan dan Malang.

Siswa Kelas VI, guru dan panitia pelaksana pisah kenang (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

Di samping itu, Ketua Pelaksana Pisah Kenang sekaligus perwakilan dari para wali murid kelas VI, Yuke Febdiawati, SE, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas didikan dan kesabaran para dewan guru dalam membimbing putra-putrinya selama enam tahun lamanya.

“Enam tahun bukan waktu yang singkat tetapi karena keikhlasan, ketulusan dan kesabaran bapak ibu sekalian dalam mendidik putra-putri kami. Sehingga putra-putri kami menjadi anak yang cerdas dan pintar. Tidak hanya cerdas dan pintar dalam berpikir tetapi juga dalam bersikap dan berakhlak,” katanya.

Ia juga meminta maaf kepada para dewan guru bila putra-putrinya selama proses belajar ada sikap dan perilaku ataupun tutur kata yang kurang mengenakkan hati.

Sebagai tali kasih, mereka memberikan sebuah cinderamata kepada sekolah.

Pemberian Tali Kasih Wali Murid kepada Sekolah (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

Pada kesempatan tersebut SDN Pangarangan 1 Sumenep memberikan penghargaan kepada 17 siswa kelas VI yang berprestasi, baik di tingkat kabupaten maupun regional.

Isak tangis penuh haru antara guru dan siswa menghiasi ruangan usai prosesi penyematan tanda lulus sekolah oleh kepala sekolah kepada para siswa kelas VI.

Kegiatan tersebut ditutup dengan foto bersama penuh keakraban antara siswa kelas VI dan dewan guru.

Turut hadir dalam acara pisah kenang ini, Ketua Komite SDN Pangarangan 1, R.A Hawiya Karim, SH, Pengawas SDN Pangarangan 1 Sumenep, RB Abdur Rahman, Pengawas Sekolah SD Dinas Pendidikan Sumenep, Drs. Ach. Surahman, M.Pd.

Diinformasikan juga bagi siswa kelas VI yang ingin melanjukan sekolah ke SMP dan MTs mulai Senin (24/6/2019) besok PPDB jalur reguler sudah bisa dilakukan atau bisa langsung datang ke sekolah yang dituju untuk pendaftaran.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar