Memilih Sekolah Anak, Ini 8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Avatar of PortalMadura.com
Memilih Sekolah Anak, Ini 8 Hal yang Perlu Dipertimbangkan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini merupakan waktu yang bisa dibilang membingungkan bagi orang tua yang mau memasukkan anaknya ke sekolah. Karena banyaknya peraturan sistem zonasi atau yang lainnya.

Sebagai orang tua pasti ingin selalu memberikan yang terbaik pada sang anak. Begitu juga untuk urusan sekolah. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu orang tua pertimbangkan ketika anak akan masuk sekolah. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Biaya
Ini penting Bunda. Walau Anda sanggup membiayai sekolah tapi ujung-ujungnya perekonomian rumah tangga jadi goyah alias pas-pasan sebaiknya pilihan sekolah tersebut dipertimbangkan lagi.

Selain itu, saat mencari sekolah untuk anak coba pertimbangkan apakah biaya sekolahnya sesuai dengan apa yang didapat. Soalnya, tidak semua sekolah mahal menawarkan jenis pendidikan terbaik. Lalu, pertimbangkan juga apakah dengan biaya segitu sistem di sekolah tersebut cocok untuk anak.

Lingkungan Sekolah Kondusif atau Tidak
Salah satu alasan mengapa anak membenci sekolah merupakan karena bagaimana mereka diperlakukan saat berada di sana. Cobalah mencari lingkungan sekolah di mana anak bisa mengekspresikan diri dan mendapat arahan serta apa yang mereka butuhkan tanpa rasa takut.

Pastikan sekolah yang ramah untuk anak-anak. Selain itu, pastikan sekolahnya memiliki dengan sanitasi dan air bersih yang layak ya.

Baca Juga: PPDB SD 2019, Disdik Sumenep Terapkan 2 Jalur

Staf Pengajar yang Berkomitmen dan Efektif
Guru kadang bisa jadi sosok yang menakutkan untuk anak-anak, Bun. Maksudnya jika gurunya galak, tidak sabaran dan apa yang dilakukan berisiko menghancurkan harga diri anak, baiknya tidak perlu memilih sekolah tersebut ya, Bun.

Pastikan staf sekolah terutama guru tidak hanya berkomitmen untuk mengajar anak-anak aja tapi juga bersedia membantu anak secara individu bila diperlukan.

Kurikulum Sekolah
Saat mencari sekolah anak-anak, Bunda bisa mencoba dan memastikan kurikulum di sekolah tersebut. Soalnya, kurikulum di sekolah membantu pertumbuhan, pembelajaran, dan pengembangan talenta anak, Bun. Dengan kata lain kurikulum yang didapat anak baiknya jadi pengalaman yang sehat untuk mereka. Jika si kecil berkebutuhan khusus, carilah sekolah yang mengkhususkan diri dalam hal tersebut.

Lingkungan yang Aman
Saat mencari sekolah anak, Anda sebaiknya mempertimbangkan lingkungannya apakah aman buat anak. Pertimbangkan sekolah yang memiliki peralatan keselamatan dan standar operasional prosedur yang dilakukan untuk menghindari kecelakaan besar dan kecil.

Komunikasi Pihak Sekolah
Baiknya carilah sekolah yang akan melibatkan Bunda dalam segala hal yang dilakukan pihak sekolah sehingga Anda tidak terlibat saat ada masalah aja, Bun. Sekecil apapun hal yang dibahas sekolah, selama itu masih berkaitan dengan pendidikan anak Anda, Anda perlu menaruh perhatian nih, Bun.

Lokasi Sekolah
Ini juga perlu, Bun. Apalagi ibukota seperti Jakarta macetnya terkenal banget ya. Saat mencari sekolah untuk anak, Anda harus mempertimbangkan di mana lokasinya. Seberapa jauh dari rumah, berapa waktu tempuh ke sekolah, dan apakah sekolah mudah diakses. Kalau di dekat tempat tinggal pastinya waktu dan biaya jadi lebih hemat kan, Bun?

Ukuran Kelas
Bunda bisa melihat langsung ke kelas untuk mengetahui bagaimana cara belajar mengajarnya, ukuran kelas dan rasio murid serta guru. Ini memungkinkan Bunda untuk mengetahui apakah guru memiliki waktu untuk setiap anak dan apakah guru dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan murid-muridnya, termasuk mana anak yang belajarnya lambat mana yang cepat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.