Piston Sepeda Motor Anda Cepat Rusak? Ini Dia 3 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Piston Sepeda Motor Anda Capat Rusak? Ini Dia 3 Penyebabnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Piston merupakan salah satu komponen sepeda motor yang mempunyai fungsi sangat vital dan terletak di dalam ruang mesin. Piston berperan mengubah tekanan hasil pembakaran menjadi dorongan dan mengompres campuran bahan bakar serta udara. Oleh karena itu, sangat penting untuk rajin merawat piston.

Selain itu, karena semua komponen pada sepeda motor memiliki masa pakainya, sehingga Anda harus tahu beberapa penyebab dasar yang bisa membuat piston cepat rusak. Apa saja?

Berikut penjelasannya:

Menggunakan Oli Berkualitas Rendah
Hampir semua komponen pada motor Anda akan lebih awet jika Anda rajin mengganti oli secara teratur. Apalagi jika Anda termasuk biker yang setiap hari beraktivitas menunggangi sepeda motor.

Tidak heran jika piston Anda rusak ketika lebih memilih menggunakan oli yang kualitasnya belum bisa dipercaya. Jangan coba-coba mengejar harga yang lebih murah, maka pilihan oli jatuh pada kualitas jelek. Padahal, harga oli dari merek terkenal juga cukup terjangkau, kok!

Jika oli tidak berkualitas, piston akan lebih mudah rusak karena bakal tergerus ketika bergesekan dengan dindingnya. Lain cerita jika oli yang melumasinya kualitasnya bagus. Pastikan pula kekentalan oli sesuai dengan mesin motor supaya proses pelumasan berlangsung sempurna.

Baca Juga: Cara Rawat dan Bersihkan Filter Udara pada Kendaraan

Mengisi Bahan Bakar dengan Oktan Rendah
Bahan bakar beroktan rendah juga punya peran dalam mengakibatkan piston motor Anda cepat rusak. Banyak pengendara motor yang masih menyepelekan penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi. Biasanya, harga yang lebih mahal menjadi alasan utama.

Padahal, menggunakan bahan bakar beroktan tinggi punya banyak keuntungan. Salah satunya adalah menjaga kondisi piston motor Anda tetap prima. Mengapa bisa demikian? Karena bahan bakar yang kualitasnya buruk dapat menimbulkan residu bahkan kerak pada kepala piston.

Hasilnya yaitu kinerja piston menjadi beran, kurang maksimal dan proses pembakaran pun tidak terlalu optimal. Dengan memakai bahan bakar beroktan tinggi yang timbalnya rendah, proses pembakaran akan jauh lebih bersih dan potensi timbulnya kerak bisa minimal.

Terjadi Tabrakan antara Piston dan Klep
Penyebab ketiga yang bisa merusak piston yaitu terjadinya tabrakan antara piston dan klep. Tabrakan antara piston dan klep sesungguhnya bukan hal yang umum terjadi. Apa penyebabnya?

Banyak biker yang beranggapan bahwa terjadinya tabrakan antara piston dan klep disebabkan oleh penggunaan piston yang tidak sesuai dengan spesifikasi aslinya. Misalnya memakai piston dengan diameter lebih besar dan panjang dari seharusnya. Karena itu, jangan sembarang menggantinya ya!

Itulah tiga hal utama yang biasanya menjadi penyebab kerusakan piston motor Anda. Kalau sudah tahu, tentunya Anda bisa menghindari di masa depan dan tidak terjatuh kembali di lubang yang sama, bukan?

Sesungguhnya tidak ada yang sulit dalam perawatan piston. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal standar yang bisa dibilang tidak terlalu menyita waktu, asalkan selalu rutin dan tidak pernah terlewatkan. 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.