PortalMadura.com

PKB Gelar Lomba Baca Kitab Kuning Berlangsung di Ponpes Al-Karimiyah

  • Sabtu, 2 April 2016 | 10:30
PKB Gelar Lomba Baca Kitab Kuning Berlangsung di Ponpes Al-Karimiyah
DR. KH. Abuya Busyro Karim, M.Si
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Musabaqoh atau lomba membaca Kitab Kuning yang diselenggarakan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui organisasi sayapnya Garda Bangsa berlangsung di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Karimiyah, Desa Beraji, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“PKB ingin memberikan sesuatu yang berbeda. Musabaqoh kitab kuning ini, tentu untuk melestarikan dan mengembangkan khazanah keilmuan pesantren,” kata Ketua DPC PKB Sumenep, DR. KH. Abuya Busyro Karim, M.Si dalam sambutan pembukaan Musabaqoh Kitab Kuning, Sabtu pagi (2/4/2016).

Kitab yang dilombakan adalah Ihya’ Ulumuddin. Sebuah kitab monumental karya Imam Al Ghazali yang biasa disebut Al-Ihya’ merupakan kitab yang membahas tentang kaidah dan prinsip dalam menyucikan jiwa (Tazkiyatun Nafs).

Busyro yang juga menjabat sebagai Bupati Sumenep ini menjelaskan, gerakan perjuangan PKB tidak hanya di lomba kitab kuning. Dalam waktu dekat juga akan digelar ‘Nusantara Mengaji’.

“Semua kader dan simpatisan PKB akan mengaji Al Quran serentak se Indonesia. Tujuannya, selain syiar agama, juga gerakan perjuangan PKB tetap bernafaskan Islam,” terangnya.

banner300x250

Sedangkan musabaqoh atau lomba membaca Kitab Kuning kali ini, merupakan tahap penyisihan. Dijadwalkan berlangsung tanggal 2-3 April yang diikuti santri putra dan putri dari seluruh Madura. Dengan juri tiga (3) orang dari unsur NU Sumenep.

Lomba yang diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga nasional itu, akan diambil empat (4) pemenang, yakni 1 dan 2 putra, serta juara 1 dan 2 putri.

Para pemenang nantinya akan diikutkan ditingkat nasional. Final dijadwalkan akan ditempatkan di Graha Gus Dur Sekretariat DPP PKB pada 12-13 April 2016.  Dua (2) orang pemenang tingkat nasional akan mendapat hadiah umrah dan kesempatan berziarah ke sejumlah tempat lainnya.

Pada pembukaan musabaqoh atau lomba membaca Kitab Kuning di Pesantren (Ponpes) Al-Karimiyah, Desa Beraji, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep tersebut, terlihat hadir para kiai dari berbagai pondok pesantren di Madura, petinggi PKB di Madura, anggota DPRD Sumenep dari PKB, serta Tim Pendamping dari DPP PKB.(Hartono)

banner300x250
banner300x250
banner300x250
banner300x250
Advertisement
banner300x250
banner300x250
banner300x250
banner300x250
banner300x250
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional