oleh

PKKMB 2019, Unija Tanamkan Cinta Tanah Air

PortalMadura.Com, Sumenep – Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2019/2020, Senin (2/9/2019). Ada 955 mahasiswa baru di Unija.

PKKMB tahun ini bertemakan Menjadi Generasi Cinta Tanah Air, Beretika dan Kreatif. Berlangsung selama empat hari sejak 2-5 September 2019 di kampus Unija.

Rektor Unija, Sjaifurrachman menjelaskan, PKKMB merupakan kegiatan informasi akademik maupun kemahasiswaan di Unija yang dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk mengenal kehidupan kampus.

Pada momen ini, seluruh UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) mengadakan parade di hadapan para mahasiswa baru sebagai bentuk pengenalan serta menunjukkan identitas dan prestasi yang telah diraih oleh organisasi kampus.

“Karena cinta tanah air ini tidak lepas dari perhatian kita selaku warga negara Indonesia. Itu perlu ditanamkan sejak awal bagi para mahasiswa baru,” katanya.

Menurut dia, cinta tanah air bukan hanya berjuang secara fisik, namun dalam kehidupan kampus, harus dilakukan dengan etika dan kreatif. Sehingga nantinya mampu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat terutama dalam hal pemberdayaan.

“Perguruan tinggi perlu membantu mahasiswa dalam membentuk karakter yang kuat sehingga dapat memegang teguh janji-janji, nilai-nilai budaya untuk menghadapi tantangan dan perubahan era masa kini,” terangnya.

Pihaknya berharap setelah mengikuti program PKKMB, mahasiswa baru mampu mewujudkan dirinya untuk siap mengikuti berbagai kegiatan akademik dan kemahasiswaan sesuai program studi bidang keilmuan masing-masing.

Loading...

Selain itu, pihaknya berpesan agar menjadi bagian dari generasi yang berkualitas, cinta tanah air, beretika dan kreatif.

“Mulai hari ini, dari penyelenggaraan PKKMB tahun 2019/2020, mari kita bersama-sama berkontribusi membangun Unija dengan menjadi mahasiswa yang memiliki jati diri yang berkualitas sehingga Unija tetap terpercaya karena kualitas dan prestasinya,” tandasnya.

Pemakaian almamater, pengalungan nama identitas serta pemberian kartu asuransi secara simbolis kepada tujuh perwakilan prodi Unija Sumenep (Foto. Nanik Dwi Jayanti/@portalmadura.com)

Direncanakan, Unija menyelenggarakan PKKMB susulan bagi mahasiswa berhalangan hadir kali ini, mahasiswa baru kelas sore serta calon mahasiswa baru dari prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan yang sedang berlangsung pendaftaran gelombang tiga.

PKKMB ini diawali dengan upacara pembukaan oleh seluruh civitas akademika Unija, kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong dan pelepasan balon udara PKKMB oleh Rektor Unija sebagai tanda dibukanya kegiatan.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Nurul Hijriyah

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar