oleh

PMI Sumenep Salurkan Bantuan Sembako pada Korban Gempa di Batuputih

PortalMadura.Com, Sumenep – Palang Merah Indonesia (PMI), Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (14/8/2018) menyalurkan bantuan sembako pada korban gempa di Desa Bullaan, Kecamatan Batuputih.

Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh pengurus dan relawan PMI Sumenep dengan cara menemui korban. Penyerahan simbolis dilakukan oleh Wakil Ketua II PMI Sumenep, H. Sukandar diterima oleh Kepala Desa Bullaan, Kecamatan Batuputih, Nintras.

“Bantuan yang kami salurkan ini semata-mata ingin membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah gempa. Semoga masyarakat tetap tabah,” kata Ketua Umum UTD PMI Sumenep, Kurniadi Wijaya, pada PortalMadura.Com.

Bantuan yang disalurkan PMI Sumenep berupa 200 kilogram beras dan 20 karton mie instan. “Jangan dilihat dari besar kecilnya bantuan yang kami salurkan. Ini bentuk kepedulian kami dengan harapan semoga kita diberi kesehatan lahir dan bathin,” ucapnya.

Baca : 60 Rumah Rusak Akibat Gempa Sumenep

Baca :  4.8 Skala Richter, Pusat Gempa Sumenep 6 KM Arah Timur Laut

Pengurus dan tim relawan PMI Sumenep juga ikut membantu membersihkan reruntuhan rumah akibat gempa. Bagi mereka yang mengalami luka ringan mendapat penanganan medis dasar oleh tim relawan PMI Sumenep.

Sebelumnya, gempa bumi melanda wilayah Sumenep, sekitar pukul 20.06.40 WIB, Rabu (13/6/2018) dan tidak berpotensi tsunami. Gempa tersebut mangakibatkan 60 rumah rusak, 9 rumah di antaranya rusak parah dan tidak bisa ditempati.

Pihak BMKG menyebutkan, gempa bumi berkekuatan 4.8 Skala Richter (SR) dengan episenter pada koordinat 6,88 lintang Selatan dan 113,94 bujur timur.

Lokasi gempa di darat pada jarak sekitar 6 km arah Timur Laut Sumenep-Jawa Timur dengan kedalaman 12 kilometer.(Hartono)