oleh

Praktisi Hukum Sebut Pondasi Nusantara Lahir dari Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Seorang praktisi hukum, Kamarullah, SH dari Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Achmad Madani Putra & Rekan-Rekan, di Sumenep, Madura, Jawa Timur menyebutkan, pondasi nusantara lahir dari Sumenep.

“Penggagas pondasi nusantara itu lahir dari leluhur warga Sumenep,” kata Kamarullah, Sabtu (31/10/2020).

Hal tersebut diungkapkan Kamarullah pada momentum peringatan Hari Jadi Sumenep ke-751 tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 31 Oktober.

Menurut dia, para tokoh atau leluhur warga Sumenep banyak berperan dalam membangun nusantara dari masa ke masa.

Misalnya, Arya Wiraraja sejak diangkat menjadi Adipati Sumenep di tahun 1269 M sehingga menjadi hari lahir Soengennep adalah ahli strategi perang yang berhasil mengusir tentara mongol.

Belum lagi perjuangan Pangeran Jokotole yang mampu membangun pintu gerbang Majapahit. “Ini bukan sekedar pintu gerbang. Tapi, pintu pertahanan yang tak bisa diangkat para kesatria lain,” terangnya.

“Ini hanya sepenggal sejarah. Perjuangan dan jasa para tokoh Sumenep ini lebih dari itu. Dari masa ke masa atau setiap pemimpin di Sumenep memiliki peran penting di nusantara ini,” tandasnya.

Seiring dengan momentum peringatan Hari Jadi ke-751 Kabupaten Sumenep, pihaknya mengingatkan pada kader-kader bangsa di Sumenep wajib bangga dan mempelajari perjalanan para tokoh Sumenep.

“Ambil hikmahnya, dan jadikan bekal kita kedepan untuk lebih baik serta berbuat yang positif untuk nusantara ini,” ucapnya penuh semangat.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Desy Wulandari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.