Presiden : Era Keterbukaan, Tidak Bisa Lagi Menutupi Yang Tidak Baik

Avatar of PortalMadura.Com
Presiden : Era Keterbukaan, Tidak Bisa Lagi Menutupi Yang Tidak Baik
Ist. Presiden saat memberi penghargaan

PortalMadura.Com, Sumenep – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, berada pada era baru dimana pola komunikasi diantara pemerintah dan rakyat berubah.

Rakyat menginginkan transparansi, keterbukaan informasi, yang interaktif, yang dialogis dan pemerintahan yang responsif.

“Rakyat yang menginginkan pemerintah yang cepat dan responsif terhadap keluhan-keluhan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik tahun 2015, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/12/2015) pagi.

Untuk itu, sambungnya, pemerintah di semua tingkatan, pusat dan daerah, institusi, universitas semua badan publik kementerian, dan yang lainnya harus segera berubah ke arah pemerintah yang terbuka, yang good goverment.

Ia menegaskan, hanya dengan good goverment akan mampu mendorong partisipasi rakyat agar mau terlibat dalam pembangunan. Hanya dengan mengadopsi pemerintahan yang terbuka maka akan terbangun legitimasi dan kepercayaan publik.

Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Presiden, harus ada perubahan karakter, mindset dan reformasi pola kerja agar semua bisa tercapai.

“Ini adalah yang harus kita hadapi, keterbukaan informasi tidak dapat kita cegah,” tuturnya.

Pernyataan tersebut ditegaskan kembali oleh Presiden Jokowi kepada wartawan seusai acara penganugerahan.

Presiden mengingatkan, jika saat ini memang era sudah berubah, pejabat ataupun pemerintah tidak bisa lagi menutupi informasi dari publik.

“Sekarang ini era keterbukaan, sangat sulit menutupi hal-hal yang misalnya yang nggak baik. Nggak bisa, eranya sudah era keterbukaan seperti ini,” tegasnya.

Ia selalu menyampaikan, agar memberitakan kepada masyarakat, beritakan kepada publik, apa adanya. “Kalau ada kesulitan sampaikan, dengarkan suara rakyat, dengarkan suara publik, dengarkan suara masyarakat. Karena respon secepatnya. Karena eranya sekarang ini seperti itu. Jadi sudah tidak ada pilihan,” ujarnya.(setkab.go.id)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.