oleh

Presiden: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lebih Baik dibanding Negara G20

PortalMadura.Com, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang Tahun 2018 lebih baik dibandingkan Negara-negara lain yang masuk dalam G20.

Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo itu mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap dalam kondisi baik meski tidak didukung kondisi global.

“Kita patut kita syukuri Alhamdulillah, 5,17 persen itu sebuah angka yang baik kalau dibandingkan Negara-negara lain,” ujar Presiden Jokowi di Jakarta pada Kamis.

Presiden juga bersyukur inflasi Tahun 2018 berada di angka 3,13 persen.

“Inflasinya 3,13 juga inflasi yang rendah. Ini patut kita syukuri. Kita jangan kufur nikmat, kalau diberi kenikmatan pertumbuhan ekonomi yang di atas 5 Alhamdulillah disyukuri,” tambah dia.

Dia menegaskan pada Tahun ini akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan ekspor serta mempermudah perizinan investasi di Indonesia.

“Juga mendorong barang-barang substitusi impor agar diproduksi di dalam Negeri yang kedua investasi yang sebesar-besarnya,” jelas dia.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia keseluruhan sepanjang Tahun 2018 sebesar 5,17 persen meskipun ekonomi global masih penuh ketidakpastian dan melemahnya harga komoditas.

Sementara pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV tahun 2018 sebesar 5,18 persen (year on year).

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan pertumbuhan ekonomi ini menunjukkan tren yang sangat bagus karena terus menunjukkan peningkatan sejak Tahun 2015 dengan pertumbuhan ekonomi saat itu 4,88 persen.

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi pada Tahun ini terjadi di tengah menurunnya harga komoditas nonmigas di pasar Internasional pada triwulan IV yang turun secara triwulan ke triwulan ataupun Tahun ke Tahun. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (7/2/2019).

“Begitu pun harga komoditas migas pada triwulan IV juga turun secara triwulan ke triwulan namun mengalami kenaikan secara Tahun ke Tahun,” ungkap Suhariyanto dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu kemarin.

Anadolu Agency
Sumber: Anadolu Agency

Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.