Prestasi Gemilang, Dua Penghargaan Buat Sumenep di Awal Tahun 2020

Busyro
Penghargaan diserahkan langsung oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia, kepada Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, disaksikan Gubernur Jawa Timur, Khafifah Indar Parawansa, di gedung Grahadi Surabaya, Senin (20/1/2020), (Foto Istimewa)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Madura, mendapatkan prestasi gemilang di awal tahun 2020.

Dua jenis penghargaan diterima dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan itu berupa Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) level 3 dan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3.

“Sumenep baru tahun ini, menerima dua penghargaan sekaligus dari BPKP Provinsi Jawa Timur,” terang Inspektur Kabupaten Sumenep, R. Titik Suryati, Kamis (23/1/2020).

Pada Kapabilitas APIP level 3, Sumenep satu-satunya kabupaten di Madura yang menerima penghargaan dari BPKP bersama 3 kabupaten lainnya di Jatim.

Sedangkan Maturitas Penyelenggaraan SPIP level 3 dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Kabupaten Sumenep mendapat penghargaan tersebut bersama dengan 28 Kabupaten/Kota lainnya.

Baca Juga:  Mayat Pria Yang Ditemukan di Laut Desa Tanjung Ternyata Nelayan Ketupat Raas

Dua penghargaan tersebut diharapkan menjadi energi positif bagi semua pihak di lingkungan pemerintah daerah dalam mengelola administrasi keuangan sehingga ke depan dapat meningkat ke level 4.

Pihaknya menyebutkan, selama ini pengawasan yang dilakukan tidak hanya berdasar pada asas kepatutan dan kepatuhan, melainkan pemerintah daerah juga menerapkan pada asas kinerja, audit kinerja termasuk audit infrastruktur.

“Soal daftar risiko di semua OPD, pengawasan menitikberatkan kepada pendampingan, khususnya di OPD memiliki daftar risiko tinggi atau sangat tinggi, seperti jumlah anggaran OPD yang cukup besar,” tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.