Pria, Ini 5 Penyebab Jenggot Terasa Gatal

Avatar of PortalMadura.com
Pria, Ini 5 Penyebab Jenggot Terasa Gatal
Ilustrasi (Wak Doyok)

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang, memiliki jenggot akan membuat sisi maskulin pria lebih terlihat. Tidak heran, banyak orang yang menyukai laki-laki yang berjenggot. Meskipun menumbuhkannya tidak sulit, namun butuh perhatian yang cukup ekstra dalam merawatnya.

Karena jika tidak dirawat, bukan tidak mungkin jenggot akan terasa gatal. Apabila sudah seperti ini bukan rasa percaya diri yang akan Anda dapatkan tapi malah rasa kurang nyaman dan tidak betah.

Sebenarnya bisa diatasi dan diredakan. Yang penting Anda harus tahu dulu apa saja penyebab jenggot gatal. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

Kulit Kering
Kulit kering bisa disebabkan karena cuaca dingin atau udara yang sangat kering. Membasuh jenggot dengan air panas dalam waktu yang lama juga akan berdampak membuat kulit Anda menjadi kering.

Perhatikan sampo atau sabun yang Anda gunakan untuk membersihkan jenggot. Alih-alih membuat jenggot Anda lebih bersih, minyak alami yang terdapat pada kulit justru bisa menipis yang pada akhirnya menyebabkan kulit kekurangan minyak dan menjadi kering sehingga menjadi penyebab jenggot gatal.

Rambut Jenggot Tumbuh ke Dalam
Kasus ini biasanya terjadi ketika jenggot yang telah dicukur atau dipotong tidak tumbuh ke arah luar, tapi kembali ke lapisan dari struktur kulit tempat di mana jenggot tumbuh.
Pada akhirnya, folikel menjadi kemerahan serta meradang dan membuat gatal jenggot Anda. Biasanya hal ini banyak dialami oleh laki-laki dengan tipe rambut keriting.

Ketika beberapa waktu setelah mencukur jenggot terasa gatal dan merah di sekitar area yang telah Anda cukur, amati dengan cermat. Mungkin ada rambut jenggot yang tumbuh tidak seperti seharusnya.

Infeksi Bakteri
Penyebab gatal pada jenggot Anda bisa disebabkan oleh adanya infeksi jamur, virus, ataupun bakteri pada lapisan folikel rambut. Bakteri penyebab gatal ini bisa datang dari mana saja, termasuk pisau cukur jenggot atau handuk yang kotor dan berjamur.

Bila hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya bersihkan area yang ditumbuhi jenggot dengan sampo atau sabun pembersih jenggot serta perhatikan kebersihan dan cara penyimpanan alat cukur.

Eksim Seboroik
Eksim seboroik atau dermatitis seboroik merupakan suatu kondisi ketika kulit Anda terasa gatal, merah dan menimbulkan sisik. Kasus ini biasanya muncul pada area kulit yang ditumbuhi rambut. Selain pada jenggot, kondisi ini sering juga terjadi di kepala.

Alat Cukur Tidak Bersih
Selain karena faktor yang telah disebutkan di atas, banyak kejadian jenggot gatal yang disebabkan oleh alat cukur yang tidak dijaga kebersihannya. Meskipun terlihat sepele, jangan remehkan semua proses perawatan jenggot Anda.

Selalu simpan alat cukur di tempat bersih dan tertutup, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan alat cukur setelah selesai digunakan. Selain menjaga kebersihan alat cukur, cara Anda mencukur jenggot juga harus diperhatikan.

Pada intinya, langkah mencukur jenggot tidak sulit. Hindari mencukur sampai terlalu dalam dan jangan terlalu sering mencukur jenggot, idealnya biarkan jenggot tumbuh sekitar 2-4 minggu sebelum akhirnya Anda mencukurnya kembali. Selain itu, oleskan krim cukur sebelum Anda mencukur jenggot.

Namun, jika gatal pada jenggot tidak kunjung sembuh, Anda bisa mengonsultasikan hal ini dengan dokter kulit untuk diketahui penyebab lainnya. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.