Program Desa Siaga, Cegah Penyebaran Penyakit Menular

Avatar of PortalMadura.Com
Program Desa Siaga, Cegah Penyebaran Penyakit Menular
dok. Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fatoni

PortalMadura.Com, – Dinas Kesehatan Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui masing-masing pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) menggalakkan program .

Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah penularan berbagai penyakit ditengah kehidupan masyarakat pedesaan. Demikian diungkapkan Kadis Kesehatan, Sumenep, dr Fatoni, Kamis (23/2/2017).

“Selama ini, masih banyak kasus penyakit menular di desa-desa. Selain itu, upaya mencegah kematian ibu dan anak serta kasus gizi buruk,” terangnya.

Dijelaskan, bahwa desa siaga aktif, adalah setiap desa itu harus ada bidan atau perawat yang selalu aktif mengontrol perkembangan di desa.

“Di setiap desa juga sudah harus ada sarana dan prasarana, seperti Polindes atau Ponkesdes, taman pos yandu, bina keluarga balita, paud. Ini semua, untuk membantu mengatasi menularnya penyakit,” urainya.

Dikatakan, penyakit menular juga disebabkan oleh adanya pembuangan air besar sembarangan. “Tugas bidan dan perawat harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar jangan sampai ada yang buang air besar sembarangan,” katanya.

Prilaku hidup kotor, sambungnya, bisa menyebabkan penularan berbagai macam penyakit, seperti kolera, jentri, amoba, hepatitis, cacingan dan lain-lain.(Bahri/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.