oleh

Program Lansia Tahun 2014 Dipertanyakan DPRD Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Program pelayanan kesehatan lanjut usia (Lansia) dan usia lanjut milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Madura, Jawa Timur mencurigakan.

Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang penjabaran pelaksanaan pertanggung jawaban APBD tahun anggaran 2014 Kabupaten Pamekasan disebutkan, dua program Dinkes tersebut masing-masing dianggarkan Rp 50 juta.

“Anehnya, jumlah serapan dari dua program itu berupa pelayanan kesehatan lanjut usia (Lansia) dan usia lanjut masing-masing terserap Rp 49.960.000. Artinya terserap dengan nominal sama yang hanya menyisakan Rp 40 ribu. Ini mencurigakan,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Muhsin, Minggu (15/11/2015).

Jika diprosentasekan, program tersebut terealisasi sebesar 99,92 persen. Padahal, lanjut dia, program itu belum dirasakan masyarakat. Utamanya mereka yang tinggal di wilayah pantura.

“Di tingkat bawah, program ini sepertinya tidak ada atau karena tidak dirasakan oleh masyarakat. Tiba-tiba anggaran yang disediakan terserap,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Pamekasan, Ismail Bey mengklaim, program tersebut sudah dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis yang ada. Salah satunya berupa senam, pemeriksaan kesehatan, dan pemberian makanan untuk lansia.

“Lokasi kegiatannya saya tidak tahu, tapi yang jelas sudah terlaksana. Demikian juga dengan jumlah lansinya yang sudah merasakan program ini saya tidak tahu. Karena datanya ada di bagian kesehatan, kalau saya masalah kebijakan saja,” kilah Ismail. (Marzukiy/har)

Loading...

Komentar