PortalMadura.com

Program Mudik Gratis Kalianget-Kangean Gagal Berangkat Hari Ini

  • Senin, 19 Juni 2017 | 11:24
Program Mudik Gratis Kalianget-Kangean Gagal Berangkat Hari Ini
dok. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget, Moch Iksan

PortalMadura.Com, Sumenep – Program kapal mudik gratis di jalur Kalianget-Kangean, Sumenep, Madura, Jawa Timur, gagal berangkah hari ini. Pasalnya, Kapal Express Bahari 9C yang akan dipakai belum selesai diperbaiki setelah baling-balingnya rusak akibat menabrak karang di perairan Raas.

“Sesuai jadwal kapal mudik gratis di jalur Kalianget-Kangean telah berangkat pada Senin ini. Tapi ternyata tidak bisa, kalau proses perbaikan kapal selesai hari ini, kapal akan diberangkatkan dari pelabuhan Kalianget pada Selasa (20/6/2017),” ungkap Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Moch Iksan, Senin (19/6/2017).

Menurutnya, Kapal KM Express Bahari 9C mengalami kerusakan pada baling-baling akibat membentur karang di perairan Pulau Kalosot sebelah tenggara Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pukul 17.00 WIB, Sabtu (17/6/2017).

“Hingga saat ini kapal yang akan digunakan dalam program mudik dan balik gratis masih dalam proses perbaikan,” ucapnya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar program kapal mudik dan balik gratis pada masa Lebaran Idul Fitri 2017 yang bisa dimanfatkan warga untuk pulang kampung maupun kembali ke tempat perantauannya.

Pemberangkatan kapal mudik gratis di jalur Kalianget-Kangean dan sebaliknya dijadwalkan satu trip setiap hari selama enam hari yang rencananya dimulai pada Senin ini hingga Sabtu (24/6). Namun karena ada kendala kapal rusak, jadwal pemberangkatan otomatis berubah.

Kapal milik PT Sakti Inti Makmur (SIM) Kalianget tersebut mengalami kerusakan dalam perjalanan di jalur Jangkar menuju Raas dalam rangka mengangkut pemudik gratis. Setelah sekitar 1 mil dari pelabuhan Raas, kapal tersebut membentur karang, akibatnya baling-balingnya rusak.

“Untuk pemberangkatan, kami telah mengumumkan terkait penundaan sekaligus penyesuaian waktu pemberangkatan kapal mudik gratis di jalur Kalianget-Kangean,” tukasnya. (Arifin/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional